Bermula dari Sampah Menjadi Hiasan Luar Biasa

Rembang, (01-08-2021). Tepat pada hari Minggu, program kerja yang berjudul “Pemanfaatan Limbah Plastik dan Perca sebagai Hiasan Skala Rumahan yang Ramah Lingkungan” terlaksana. Terkait adanya perpanjangan PPKM level 4 ini, mengharuskan peserta yang bergabung dalam pembuatan hiasan terbatas. Keterbatasan tersebut tidak mengurangi esensi dari program yang dijalankan.  Peserta pembuatan kerajinan ini adalah anak-anak kecil yang tinggal di RT 01 RW 02 Desa Sendangwaru.

Program kerja ini diangkat berdasarkan kasus yang sering dijumpai pada wilayah tersebut yaitu sampah plastik yang tersebar di lingkungan. Rangkaian program kerja ini sangat panjang, bermula dari pengumpulan sampah, pencucian, hingga pelaksanaan. Sebanding dengan usaha yang dilakukan, menghasilkan kreasi yang menakjubkan.

Hasil Kerajinan dari Limbah Plastik dan Perca

Hiasan yang dihasilkan berupa celengan, tempat pensil, vas bunga, bunga mainan, dan masih banyak lagi. Selain mengurangi sampah di lingkungan, program kerja ini mampu memberi perubahan pada nilai ekonomi limbah rumah tangga dan perca.

Menurut salah satu anak yang mengikuti rangkaian program kerja ini mengatakan “Adanya kegiatan ini mampu mengubah barang yang tak terpakai dan dapat diambil secara cuma-cuma berubah menjadi hiasan yang dapat dimanfaatkan serta meningkatkan kreativitas” (3/8).

Setelah berakhirnya program kedua KKN Tim II Undip, diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya menjaga alam. Bersama hal tersebut akan meningkatkan kualitas hidup manusia di dalamnya.

Penulis: 25. Yuyun Khoirun Nisak

DPL: Ir. Sutrisno, M. P.