Kasus Covid-19 semakin meningkat! Mahasiswa KKN UNDIP Membuat Dan Melakukan Penyemprotan Desinfektan Di Kelurahan Kaliwiru

Semarang, Selasa (03/8/2021) – Kondisi Pandemi Covid-19 saat ini masih terus melanda Indonesia hingga saat ini dan dapat menyebabkan segala bentuk aktivitas masyarakat menjadi dibatasi. Kondisi Pandemi Covid-19 saat ini telah banyak mengubah cara hidup masyarakat yang harus beradaptasi untuk memperlambat laju penyebaran penyakit virus Covid-19 yang tentunya sesuai dengan himbauan pemerintah. Dengan adanya masalah tersebut, Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Tahun 2021 berinisiatif untuk membuat program yaitu “Pembuatan Dan Penyemprotan Desinfektan Secara Berkala”. Program ini bertujuan untuk mencegah adanya penyebaran virus Covid-19 di lingkungan masyarakat sekitar serta memberikan edukasi untuk meningkatkan pemahaman warga dalam membuat desinfektan dengan mudah. Program kerja ini dilakukan di Kelurahan Kaliwiru, Kecamatan Candisari, Kota Semarang.

Gambar 1. Pembuatan Larutan Desinfektan

Sebelum melakukan progtam, siapkan bahan bahan yang akan digunakan contohnya seperti Pemutih, Wipol, Larutan Klorin dan lain sebagainya. Sebelum melakukan penyemprotan desinfektan, dilakukan pembuatan larutan desinfektan dari campuran wipol dan pemutih dengan takarannya masing-masing.

Gambar 2. Penyemprotan Desinfektan Di Lingkungan Sekitar Kel. Kaliwiru, Kec. Candisari, Kota Semarang

Kemudian dilakukan penyemprotan desinfektan dilingkungan sekitar Kelurahan Kaliwiru. Warga sekitar juga sangat antusias serta ikut membantu keberjalanan program penyemprotan desinfektan ini. Dengan dilaksanakannya program ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan memunculkan niat untuk melakukan kebiasaan positif khususnya dalam upaya pencegahan penularan covid-19 serta menambah pengetahuan masyarakat mengenai kondisi pandemi covid-19 saat ini beserta cara pencegahannya.

Gambar 3. Penyerahan Buku Saku dan Bahan Desinfektan

Tak hanya itu, mahasiswa KKN Tim II UNDIP Tahun 2021 juga memberikan buku saku serta bahan-bahan desinfektan untuk warga kelurahan kaliwiru. Dengan adanya buku saku, semoga warga dapat memahami lebih dalam terkait pembuatan dan cara penyemprotan desinfektan yang sesuai dengan standar WFO agar dapat dilakukan warga untuk meningkatkan kesadaran dalam upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19 ini.

Penulis: Zafna Faricha Fahma

Mahasiswa Kimia, Fakultas Sains dan Matematika, Uniersitas Diponegoro 2018

DPL : Lintang Dian Saraswati, SKM, M.Epid