MAHASISWA KKN UNDIP MENGAJAK WARGA SUMURBOTO UNTUK TETAP MENJAGA PROTOKOL KESEHATAN DALAM PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 SERTA MENGEDUKASI PENTINGNYA VAKSIN DAN PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA SELAMA ISOLASI MANDIRI

Sumurboto, Banyumanik. Senin (04/08/2021) – Tim II KKN Universitas Diponegoro sedang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan mengusung tema “Sinergi Perguruan Tinggi dengan Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Pada Tujuan Pembangunan (SDG’s) Melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata” kegiatan KKN dilaksanakan selama 45 hari yang telah dimulai dari tanggal 30 Juni hingga 11 agustus.

Melihat angka covid yang grafiknya tiap hari semakin naik dan sangat banyak warga sumurboto yang terpapar walaupun jika dilihat pada Kelurahan Sumurboto sebagian besar warganya telah melek dengan adanya covid-19 tetapi dikarenakan kebanyakan warga setempat adalah pekerja dan tidak memungkinkan mereka tidak terpapar virus covid-19. Virus Covid-19 ini penyebarannya semakin cepat dikarenakan adanya varian baru virus Covid-19, virus SARS-CoV-2 varian delta telah membuat lonjakan kasus positif virus Covid-19 di Indonesia. Mewabahnya Pandemi Covid-19 di seluruh dunia telah mengubah pola perilaku kesehatan masyarakat untuk selalu menjaga diri dan selalu mejaga kesehatan fisik mereka. Namun, akhir-akhir ini masyarakat dapat dikatakan telah lengah untuk terus konsisten mentaati protokol kesehatan karena berbagai faktor.
Dari permasalahan diatas, diperlukan adanya sosialisasi atau penyuluhan terkait pematuhan protokol kesehatan dalam mencegah rantai penyebaran covid-19. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro mengambil tempat di Kelurahan Sumurboto tepatnya di RW IV, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang. Sosialisasi dilakukan secara online melaui aplikasi zoom yang mengundang seluruh warga RW IV. Dan juga adanya tindakan offline dari kami pihak kkn dalam membantu warga untuk mendapatkan vaksin, seperti mengunjungi rumah warga untuk meminta data dan mersurvei beberapa keadaan warga sekitar. Kemudian barusan pada hari selasa kemaren kami dari tim KKN Undip membantu tim kesehatan dalam berjalannya kegiatan memberikan vaksin ke warga. Pembagian masker, handsanitizer, dan poster-poster edukatif ke sebagian warga di sepanjang jalan RW IV serta melakukan kerja bakti dan penjagaan pos ronda setiap hari minggu.


Selain itu, Kota Semarang, khususnya Kelurahan Banyumanik merupakan salah satu lokasi dengan jumlah warga yang terkena Covid-19 terus bertambah setiap harinya, artinya jumlah limbah medis di Kelurahan Banyumanikpun juga meningkat. Hal tersebut mendasari pentingnya edukasi terhadap masyarakat sekitar untuk mengelola sampah rumah tangga pribadi selama menjalani isolasi mandiri. Sehingga diperlukan pengelolaan lanjut untuk sampah tersebut agar tidak berbahaya bagi lingkungan sekitar dan dapat meminimalisir penyebaran virus Covid-19.
Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan dapat menambah pengetahuan masyarakat akan pentingnya menumbuhkan semangat untuk saling membantu memutuskan rantai penyebaran Covid’19. Pentingnya kesadaran masyarakat akan bahayanya pandemi COVID-19 ini diharapkan adanya perubahan perilaku dari masyarakat sehingga dapat menekan angka penyebaran maupun kasus positif di Indonesia khususnya di Kota Semarang.

Penulis : Umi Farida, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Prodi Manajemen.

Dosen Pembimbing : Naintina Lisnawati., S.KM.,M.