Kunci UMKM Tetap Bertahan di Masa Pandemi Covid-19, Mahasiswa KKN Undip Edukasikan Peran Koperasi, Komunitas serta Inovasi Promosi

Sragen (03/08) Pandemi Covid – 19 berimbas pada keberadaan UMKM di Indonesia yakni banyak UMKM yang mengalami penurunan omzet dan penurunan produktivitas. Pada era pandemi Covid – 19 ini pemberdayaan UMKM sangat diperlukan agar keadaan perekonomian masyarakat tetap stabil. Beberapa hal yang dapat dilakukan yaitu optimalisasi peran koperasi, komunitas serta inovasi promosi. Koperasi sebagai soko guru perekonomian dianggap mampu untuk menyisir semua lapisan masayarakat, terutama para pelaku usaha. Selain koperasi, peran komunitas serta inovasi promosi juga mampu penting untuk para pelaku usaha di tengah pandemi Covid-19 ini.

Melalui hal tersebut mahasiswa KKN undip melakukan edukasi mengenai peningkatan pemahaman tentang perkoperasian dan strategi peningkatan produktivitas UMKM saat pandemi Covid -19. Kegiatan ini ditujukan kepada pengelola arisan simpan pinjam dan pemilik UMKM di Dukuh Ngijo, Kelurahan Kedungwaduk, Kecamatan Karangmalang. Kegiatan ini dimulai pada tanggal 27 Juli 2021 dengan memberikan pengenalan mengenai komunitas UMKM dan inovasi promosi sebagai salah satu strategi peningkatan produktivitas UMKM. Pengenalan tersebut dilakukan secara online melalui personal chat WhatsApp dengan pemilik UMKM yaitu Ibu Tri, pemilik UMKM Sapu Jagad Trijaya.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan melaksanakan edukasi mengenai koperasi simpan pinjam pada Ibu Pur selaku pengelola arisan simpan pinjam di Dukuh Ngijo. Media pembelajaran yang digunakan yaitu menggunakan buku saku tentang koperasi simpan pinjam yang selanjutnya diberikan kepada pengelola arisan simpan pinjam. Kegiatan ini bertujuan agar kegiatan arisan simpan pinjam di Dukuh Ngijo memiliki kelembagaan yang kuat serta dapat menjadi sarana UMKM untuk mendapatkan modal usaha.

Kegiatan terakhir untuk UMKM yaitu dengan memberikan booklet mengenai stategi peningkatan produktivitas UMKM secara langsung kepada pemilik UMKM. Untuk implementasi strategi dilakukan pendaftaran UMKM ke komunitas online serta menjual produk usaha melalui E-Commerce.

Kegiatan tersebut disambut baik dan antusias oleh pemilik UMKM. Dengan senang hati mereka memberikan informasi mengenai UMKM yang dijalankan seperti proses pembuatan, harga jual produk dan bagaimana memperoleh bahan baku. Rangkaian kegiatan dilakukan dengan harapan bahwa UMKM tetap produktif sehingga mampu bertahan di tengah pandemi Covid – 19 dan tetap memberikan lapangan kerja untuk masyarakat sekitar.

Penulis : Riza Nur Fatimah – Ilmu Ekonomi

DPL : Aghus Sofwan, S.T., M.T., Ph.D.