Covid-19 Belum Berakhir, Mahasiswa KKN Undip Tegaskan Penerapan Protokol Kesehatan

Jakarta (04/08) – Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro 2021 melakukan sosialisasi kepada warga mengenai cara pencegahan penyebaran Covid-19 dikarenakan melihat kasus positif Covid-19 yang tidak kunjung turun.

Tepatnya di RT 001 RW 05 Kelurahan Duren Sawit, Jakarta Timur, sejak hari Rabu (14/07/2021) mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro mulai melaksanakan program sosialisasi mengenai cara menggunakan masker dan mencuci tangan yang benar dan sesuai anjuran WHO. Tujuan dari kegiatan ini agar masyarakat sekitar RT 01 RW 005 tahu akan pentingnya menggunakan masker dan mencuci tangan dengan benar dan bagaimana dampaknya jika tidak menggunakan masker dan mencuci tangan dengan benar.

Pandemi Covid-19 menyebabkan KKN Tim II Universita Diponegoro 2021  kali ini dilaksanakan secara individu di lingkungan tempat tinggal masing-masing  dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada. Hal yang paling umum dilakukan di KKN Tim II Universitas Diponegoro 2021 ini adalah memberikan edukasi dan demostrasi seputar Covid-19 kepada masyarakat sekitar. Sesuai dengan aturan Covid-19 yaitu dirumah saja, maka mahasiswa KKN melakukan penyuluhan dengan cara menyebarkan poster informasi tentang cara menggunakan masker dan mencuci tangan dengan benar melalui grup Whatsapp RT setempat.

Karena KKN kali ini dilaksanakan secara full online, Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro 2021 juga membuat video edukatif singkat mengenai cara pencegahan penyebaran Covid-19 yaitu tentang penerapan protokol 5M dalam kehidupan sehari-hari yang dapat di lihat di link: https://youtu.be/aPe0LiUwAVo

Dengan adanya program KKN ini diharapkan warga sekitar RT 001 RW 05 lebih sadar akan bahaya Covid-19 dan menjalankan protokol 5M dalam kehidupan sehari-hari untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 lebih lanjut.

Penulis: Wintari Aaqila Inshirah (Fakultas Ekonomika dan Bisnis)

Dosen Pembimbing: Alan Prahutama S.Si., M.Si.