Merencanakan Karier Sejak SMA? Bagaimana Caranya? Simak Upaya Mahasiswi Undip Membantu Siswa SMA dalam Merencanakan Karier di Bawah Ini!

Pelaksanaan KKN Tim II 2020/2021 Universitas Diponegoro

Pemaparan Materi Terkait Tugas Perkembangan Remaja
Sumber: Dokumentasi Pribadi

Kelurahan Bojor Kulur, Kabupaten Bogor, Sabtu (24/07). Memasuki fase remaja akhir (16/17 – 18 tahun) atau usia siswa SMA, mulai hadir pemikiran pekerjaan apa yang ingin ditekuni setelah pendidikan berakhir. Hal tersebut sangatlah wajar karena itu bagian dari tugas perkembangan remaja yang harus dilalui dan dihadapi. Walaupun begitu, masih ada siswa SMA yang mengalami kebingungan hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan dan dilakukan dalam merencanakan karier untuk masa depan.

Sesuai dengan wawancara singkat yang dilakukan Mahasiswi KKN Undip, Jevicha (21) bersama Adit (17), mendapatkan hasil bahwa Ia mengakui sudah ada pemikiran terkait kariernya di masa depan, tapi belum mulai mencari tahu terkait informasi ataupun langkah-langkah yang tepat untuk merencanakan karier. Hal tersebut dikarenakan kurangnya akses dalam mencari informasi dan edukasi dari orang-orang sekitar. Selain itu, Adit (17) juga mengatakan bahwa Ia sejujurnya masih bingung terkait minat dan pekerjaan yang mau ditekuni setelah lulus pendidikan.

Pemaparan Materi Terkait Pengertian Perencanaan Karier
Sumber: Dokumentasi Pribadi

Berdasarkan permasalahan yang ada, Jevicha (21) sebagai mahasiswi KKN Undip berinisiatif untuk membuat program yang bertajuk pemberdayaan siswa SMA dalam merencanakan karier untuk masa depan melalui webinar. Webinar ini dilaksanakan pada Sabtu (24/07) yang lalu pukul 10.00 WIB. Tujuan dari program ini diharapkan mampu meningkatkan kesadaran siswa SMA akan pentingnya merencanakan karier sejak SMA dan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan siswa SMA dalam merencanakan karier untuk masa depan.

Pemaparan Materi Terkait SMART Method
Sumber: Dokumentasi Pribadi
Pengerjaan di Worksheet SMART Method
Sumber: Dokumentasi Pribadi

Rangkaian program ini meliputi pembentukan group WhatApp untuk koordinasi dengan siswa SMA yang menjadi peserta Webinar, melakukan studi literatur mengenai perencanaan karier sejak SMA, pembuatan slide powerpoint, pelaksanaan webinar di Zoom. Adapun untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam merencanakan karier, Jevicha (21) membuat sesi Practice Time dengan menggunakan SMART Method.

Setelah pelaksanaan program, peserta webinar mengisi evaluasi agar Jevicha (21) dapat mengetahui penilaian dari peserta webinar untuk dijadikan masukan agar ke depannya lebih baik lagi. Hasil evaluasinya adalah peserta webinar merasa mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan secara keseluruhan webinar dilaksanakan dengan menarik. Sementara, hal yang perlu diperbaiki adalah terkait alokasi waktu dalam pengerjaan SMART Method yang terlalu cepat sehingga membuat salah satu peserta mengalami kesulitan dalam mengerjakan.

Evaluasi Peserta Webinar
Sumber: Dokumentasi Pribadi

Dengan adanya program ini, Jevicha (21) berharap siswa SMA lebih menyadari akan pentingnya merencanakan karier sejak SMA dan mampu meningkatkan pengetahuan serta kemampuan siswa SMA dalam merencanakan karier untuk masa depan.

Penulis: Jevicha Ellindra Ramadanty

Dosen Pembimbing Lapangan: Solikhin, S.Si., M.Sc.