KKN Online? Tidak Masalah!

Semarang (7/7) Ditengah pandemic covid-19 ini, kegiatan diluar rumah akhirnya dibatasi guna untuk mencegah penularan covid-19 yang semakin hari semakin tinggi. Maka demikian, ada baiknya beberapa kegiatan yang dilakukan diluar rumah dikerjakan di rumah saja. Begitu juga dengan kegiatan KKN TIM II UNDIP 2021, sebagian mahasiswa KKN melakukan program kerjanya hanya di rumah saja atau dapat dikatakan melakukan KKN secara online

Adapun beberapa kegiatan KKN yang dapat dilakukan dari rumah seperti membuat LRK, mengerjakan logbook mingguan, membuat reportase, dan mendesain postingan KKN. Sedangkan, prorgam kerja KKN yang dilakukan secara online biasanya berbentuk webinar yang partisipannya terdiri dari teman satu kelompok KKN dan tentunya warga-warga setempat. Mayoritas tema webinar yang dibawakan oleh mahasiswa yaitu membahas mengenai covid-19 seperti bagaimana menggunakan masker yang baik dan benar, penerapan protocol kesehatan atau penerapan 5M, apa saja yang harus dilakukan saat isoman, serta jenis-jenis makanan maupun vitamin yang baik dikonsumsi ditengah pandemic covid-19 ini. Platform yang digunakan untuk melakukan webinar biasanya melalui platform meeting seperti GoogleMeet, Ms.Teams, dan WhatsApp Group. Meskipun tidak langsung terjun ke lapangan, kegiatan dan program kerja KKN tetap berjalan sebagaimana mestinya, yang membedakan hanya keberlangsungan pelaksanaannya yang dilakukan di rumah saja atau secara daring/online.

            Namun, juga ada beberapa mahasiswa yang melakukan kegiatan dan program kerja KKNnya secara offline atau terjun langsung ke lapangan. Biasanya kegiatan dan program kerja yang dilakukan juga masih berkaitan dengan covid-19 seperti membantu keberlangsungan vaksinisasi di balai desa, melakukan penyemprotan disenfektan, membagikan starter-pack covid-19 yang terdiri dari handsanitizer, masker, jenis-jenis vitamin, dan lainnya.

            Meskipun terhambat oleh covid-19, mahasiswa KKN TIM II UNDIP 2021 tetap melaksanakan kegiatan dan program KKN nya secara online, hal ini membuktikan bahwa dengan adanya pandemic covid-19 ini tidak menghentikan mereka untuk tetap mengimplementasikan nilai-nilai pengabdian kepada masyarakat.

Penulis: Nadia Widianti