Melalui Games Tebak-Tebakan, Mahasiswa KKN UNDIP Ajak Siswa Tingkat Sekolah Dasar Mengamalkan Nilai Pancasila

Pancasila selain merupakan dasar negara Indonesia juga memiliki nilai-nilai luhur yang bisa diterapkan dalam kehidupan berbangsa. Penerapan nilai-nilai Pancasila perlu dilakukan sejak dini kepada anak-anak. Agar nantinya anak-anak dapat menerapkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan manapun ia berada.

Sebagai upaya mendukung pengamalan nilai Pancasila, mahasiswa KKN TIM II UNDIP mengajak siswa SDN 19 Halalang, Kamang Mudiak bermain permainan tebak-tebakan mengenai contoh perilaku dan sikap yang sesuai dengan sila Pancasila. Permainan diawali dengan masing-masing siswa menyebutkan lima sila Pancasila beserta dengan lambangnya. Kemudian setiap siswa mengambil satu kertas yang berisikan contoh perilaku dan sikap. Bagi siswa yang berhasil menjawab perilaku dan sikap tersebut termasuk dalam pengamalan nilai Pancasila di sila ke berapa, maka akan diberikan reward hadiah. Dengan pemberian reward, anak-anak akan lebih terpacu untuk cepat menjawab, hal ini juga melatih anak-anak untuk berifikir cepat, berani dalam menjawab, tidak takut salah, dan semakin ingat tentang Pancasila.

Kegiatan berjalan dengan lancar, setiap siswa antusisas dalam menjawab dan juga dapat menjawab dengan benar. Harapannya, siswa mengetahui dan paham mengenai pengamalan nilai Pancasila dan dapat menerapkannya di kehidupan sehari-hari

Oleh : Putri Shania Noor

Dosen Pembimbing : Dra. Puji Astuti, M.Si