BAHAYA! PANDEMI COVID-19 DAPAT MENYERANG KESEHATAN MENTAL? Mahasiswa Undip Ajak Warga Mengelola Kesehatan Mental di Masa Pandemi

Leyangan, Ungaran Timur (13/7/2021), Kondisi pandemi covid-19 yang semakin meningkat tidak hanya mengancam kesehatan fisik saja, namun juga telah mengancam kesehatan mental masyarakat.

Munculnya virus covid-19 membuat banyak kebijakan baru dan perubahan kehidupan bagi masyarakat seperti kegiatan bekerja yang dilakukan di rumah (work from home), pembelajaran jarak jauh, kehilangan pekerjaan akibat pemutusan hubungan kerja, penurunan pendapatan dsb. Tentu saja hal ini tidak hanya mengancam kesehatan fisik saja tetapi juga mengancam kondisi psikis masyarakat yang akan berpengaruh terhadap kesehatan mental.  Berdasarkan data yang didapat selama masa pandemic covid-19 di Indonesia mengalami kenaikan sebanyak 20% jumlah pasien gangguan jiwa, hal ini disampaikan oleh Dr. Ratih Widayati Sp.KJ yang merupakan dokter jiwa RSUD Tugurejo Semarang.

Dengan munculnya permasalahan yang dialami oleh masyarakat, maka mahasiswa Undip merancang program kerja berupa psikoedukasi kepada masyarakat terkait cara menjaga kesehatan mental di masa pandemi. Hal ini bertujuan agar masyarakat mampu mengelola kesehatan mental untuk menciptakan kondisi psikologis agar tetap sehat dan sejahtera di tengah pandemi.

Pemberian Psikoedukasi berupa poster dan video

Pelaksanaan program kerja ini dilakukan pada Jumat 13 Juli 2021 dan ditujukan kepada warga Bukit Leyangan Damai RT02/RW09, Kelurahan Leyangan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang. Dikarenakan adanya kebijakan pemerintah terkait Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) maka pelaksanaan program kerja dilakukan dengan pemberian psikoedukasi secara online melalui grup WhatsApp dengan memberikan poster beserta video penjelasan sebagai media psikoedukasi.

Poster 1 sebagai media psikoedukasi
Poster 2 sebagai media psikoedukasi

Pada pelaksanaan program kerja ini disambut baik dan mendapatkan respon yang sangat positif dari masyarakat. Dari kegiatan yang dilakukan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan membantu masyarakat untuk dapat mengelola kesehatan mental di masa pandemi dengan baik agar tetap memiliki mental yang sehat di tengah pandemi

Penulis: Patricia Nungky Eka Krisnavia

Dosen Pembimbing: Dr. Ir. Suryanti, M.Pi