PEMBERIAN HAND SANITIZER GRATIS! WARGA ANTUSIAS MENERIMA PRODUK DARI MAHASISWA KKN UNDIP

SEMARANG – Virus Covid-19 dapat menular melalui percikan yang keluar dari mulut atau hidung penderita saat bersin, batuk, atau berbicara jika dihirup oleh orang lain. Selain itu, percikan juga dapat menempel di permukaan benda mati. Berdasarkan jurnal yang diterbitkan New England Journal of Medicine (2020), virus corona dapat bertahan selama 1-7 hari di permukaan benda tergantung jenis permukaan benda tersebut.

Tangan yang sering berinteraksi dengan benda-benda mati sangat rentan menjadi sumber kontaminasi ketika memegang benda terkontaminan. Menurut Centers for Disease Control and Prevention(CDC) dan WHO, komposisi hand sanitizer berbasis alkohol minimal 60% dapat membantu mencegah penyebaran kuman dan kontaminasi  yang bersumber dari tangan. Oleh karena itu, penggunaan hand sanitizer dapat digunakan sebagai alternatif apabila tidak memungkinkan kita mencuci tangan terlebih saat berada diluar ruangan. 

Pada lokasi KKN di RW 08, kelurahan Rowosari, masih ada masyarakat yang belum menerapkan protokol keseharan seperti masih berkerumun, tidak menjaga jarak, tidak memakai masker, dan tidak menyediakan hand sanitizer saat keluar rumah. Padahal, beraktivitas diluar ruangan memungkinkan tangan berada dalam kondisi tidak steril. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dibutuhkan sosialisi pentingnya penggunaan hand sanitizer selama masa pandemi covid berlangsung. Edukasi dan sosialisasi yang dilakukan pada hari Minggu(31/07/2021) juga dibarengi dengan pembagian produk hand sanitizer kepada warga sebagai gerakan nyata dari upaya pencegahan virus Covid-19. Dengan begitu, dapat meningkatkan kesadaran masyarakat agar lebih memperhatikan personal hiegine.

Penulis : Farah Rizky Fauziah

DPL : Siwi Gayatri S.Pt., M.Sc., Ph.D.