Waspada Covid-19! Terapkan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) Sekarang Juga!

Karangrejo, Semarang (04/08). Berhubungan dengan SDGs nomor 3 yaitu Good Health and Wealth Being, maka menjadi tugas dari mahasiswa untuk dapat meningkatkan kesehatan serta kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kesehatan dan mengenakan protokol kesehatan untuk menurunkan angka Covid-19 di Indonesia, terutama di RW 02 Kelurahan Karangrejo. Pandemi Covid-19 menyebabkan banyak perubahan dalam kehidupan sehari-hari. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) seharusnya sudah menjadi kebiasaan baru untuk masyarakat Indonesia di masa Pandemi Covid-19 ini. Masalah kesehatan seringkali muncul di masyarakat tanpa disadari dan diketahui penyebabnya, hal tersebut terjadi karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang kesehatan. Antara lain masih tingginya kasus penyebaran Covid-19.

Dari permasalahan tersebut mahasiswa Undip bernama Alexander Jordan melakukan sebuah upaya untuk mengatasinya, salah satu dan langkah utamanya adalah memberi edukasi untuk menambah pengetahuan masyarakat dengan pemberian edukasi mengenai pangan fungsional, serta memberikan bekal keilmuan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada masyarakat RW 02 Kelurahan Karangrejo mengenai pemicu penularan Covid-19 serta penerapan pola hidup sehat.

PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat. PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) adalah gerakan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat. PHBS dapat diterapkan di lingkungan rumah tangga, sekolah, tempat kerja, maupun masyarakat umum.

Oleh karena itu diperlukan edukasi mengenai Penerapan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) kepada warga RW 02 Kelurahan Karangrejo. Kegiatan sosialisasi dilakukan secara online dengan penyebaran materi poster dan video melalui Whatsapp Ketua RW 02 yang akan diteruskan kepada warga.

Poster PHBS
Persetujuan Penempelan Poster oleh Pak Ruslan Ketua RW 02 Kelurahan Karangrejo
Penempelan Poster PHBS di RT 06 RW 02 Kelurahan Karangrejo

Pelaksanaan program edukasi PHBS dilakukan oleh Alexander Jordan mendapat respon baik dari Ketua RW serta warga sekitar untuk dapat menjadi salah satu alternatif dalam menekan penularan pandemi Covid-19 serta mewujudkan SDGs no 3 yaitu Good Health and Well Being. Pak Ruslan Suryanto selaku Ketua RW 02 Kelurahan Karangrejo berkata “Diperlukan edukasi PHBS seperti ini untuk menambah kesadaran masyarakat sekitar dalam menjaga kebersihan dan kesehatan ditambah di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini”.

Harapannya, setelah dilaksanakannya program ini dapat membuka wawasan warga RW 02 Kelurahan Karangrejo untuk dapat menerapkan pola hidup bersih dan sehat pada setiap aspek kehidupan baik di kantor, puskesmas, sekolah, rumah tangga, maupun tempat lain.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai penerapan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) di RW 02 Kelurahan Karangrejo dapat dilihat dalam link Youtube berikut : https://www.youtube.com/watch?v=1iiyVwp7yFo

Penulis : Alexander Jordan (Program Studi Teknologi Pangan, Fakultas Peternakan dan Pertanian, UNDIP).

DPL : Dra. Puji Astuti., M.Si.