LEBIH MENYENANGKAN! MAHASISWA UNDIP KENALKAN CARA MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN YANG UNIK

Samarinda, Kalimantan Timur (04/08) – Pandemi Covid-19 masih belum usai, namun masyarakat dituntut untuk mulai membiasakan diri atau biasa dikenal dengan New Normal. Begitu pula pada sector pendidikan, tahun ini Universitas Diponegoro tetap mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan penyesuaian-penyesuaian tertentu, salah satunya KKN di daerah domisili mahasiswa.

Ega Duandini (20), salah satu mahasiswa peserta KKN, tengah melakukan kegiatan di kampung halamannya yaitu Kelurahan Sungai Pinang Dalam, Kecamatan Sungai Pinang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Kegiatan KKN dilakukan secara mandiri dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan 5M sesuai dengan anjuran pemerintah.

Program yang diusung oleh Ega adalah mengedukasi masyarakat di kampung halamannya mengenai protokol kesehatan 5M. Sebab, banyak masyarakat di kampung halamannya yang masih belum sadar akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan 5M di masa New Normal seperti saat ini.

Ega mengajak masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan 5M dengan cara yang unik dan lebih menyenangkan, yaitu dengan melukis tempat penyimpanan masker sehingga terlihat lebih menarik. Kegiatan ini dipilih karena kegiatan melukis memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, antara lain mengurangi stress, meningkatkan kemampuan motorik, kognitif dan ingatan.

“Programnya bagus dan sangat sesuai dengan permasalahan masyarakat yang tinggal di sini. Saya jadi sadar akan pentingnya penerapan protokol kesehatan 5M dan termotivasi untuk menerapkannya,” kata Elita, salah satu masyarakat yang tinggal di Kelurahan Sungai Pinang Dalam.

Seperti yang kita ketahui, pandemic Covid-19 sudah lebih dari 1 tahun melanda Indonesia dan sangat berdampak di berbagai lini kehidupan masyarakat Harapannya, masyarakat dapat lebih tenang dan enjoy dalam menghadapi pandemi Covid-19 sehingga imunitas masyarakat juga ikut meningkat.

Penulis: Ega Duandini (S1 Fisika, Fakultas Sains dan Matematika, Universitas Diponegoro)

Dosen Pembimbing Lapangan: Dr. Amirudin, M. A.