PENJUALAN UMKM MENINGKAT AKIBAT SOSIALISASI STRATEGI PEMASARAN YANG DILAKUKAN OLEH MAHASISWA UNDIP

Semarang, 3 Agustus 2021 – Pelaksanaan KKN UNDIP Tim II 2021 telah memasuki minggu terakhir. Pada minggu terakhir program kerja Pembuatan Booklet Mengenai Strategi Marketing bagi UMKM dengan Analisis STP (Segmentation, Targeting, and Positioning) telah dilaksanakan pada UMKM yang terletak pada RW 04 Kelurahan Lamper Kidul, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang. UMKM yang menjadi sasaran target untuk sosialisasi ini merupakan UMKM Kuliner, salah satunya Vivi Cookies.

UMKM Vivi Cookies merupakan toko kue kecil yang menjual makanan kering dan basah, salah satu produk utamanya adalah Cookies. Saat ini, penjualan produk hanya terletak di Semarang melalui pembelian offline dan online. Akibat pandemi Covid 19 yang ada sejak 2020, penjualan UMKM mengalami penurunan yang cukup drastis. Terlebih lagi, Vivi Cookies merupakan UMKM yang baru dirintis. Hal ini membuat pengelola kesulitan untuk memenuhi target penjualannya.

Sosialisasi Edukasi Pemasaran

Melihat permasalahan yang ada, Salsabila Herwening Mileniadewi, salah satu peserta KKN UNDIP 2021 melakukan penyusunan Booklet Marketing yang dapat menjadi acuan UMKM dalam melakukan pemasaran menjadi lebih terdigitalisasi dan berkembang. Booklet Marketing tersebut selanjutnya disosialisasikan kepada UMKM terkait. Selain itu, dilakukan penyusunan juga terhadap SOP Promosi media sosial yang dapat dilakukan oleh UMKM Vivi Cookies. Berdasarkan sosialisasi yang dilakukan, pengelola UMKM dapat mengembangkan media promosinya menjadi lebih interaktif, tepat sasaran, dan kreatif.