Pengabdian Tanpa Batas : Mahasiswa KKN Undip Membantu Pembagian BST Di Kelurahan

Penulis: Naomi Febri Christanti (FISIP / 14050118120011)

Dosen Pembimbing: Dr. Ir. Pinandoyo., M.Si;

Lokasi KKN: RW 06 Kelurahan Candi, Kecamatan Candisari, Kota Semarang

Membantu pembagian BST di Kelurahan Karang Anyar Gunung

Semarang  – Kamis (05/08/2021) – Tim II KKN Universitas Diponegoro di Kelurahan Candi melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada tanggal 28 Juli yang lalu. Agenda kegiatan yang dilakukan adalah berupa pengabdian untuk masyarakat yaitu membantu pembagian BST di kelurahan.

BST atau Bantuan Sosial Tunai merupakan bantuan sosial yang diberikan pemerintah Indonesia kepada masyarakat yang terdampak pada pandemi Covid-19 ini. Bentuk dari pemberian BST ini adalah penyerahan uang tunai yang diharapkan dapat sedikit membantu masyarakat yang mengalami kesulitan dalam menghadapi pandemi yang berkepanjangan. Pembagian BST pun juga dilakukan oleh Desa Candi.

Salah satu kelurahan di Candi yang melaksanakan pembagian BST adalah di Karang Anyar Gunung. Kegiatan pembagian BST dimulai dari jam 7 pagi hingga selesai. Dalam pembagian BST, mahasiswa KKN ikut membantu pada bagian registrasi, verifikasi data bahkan mengatur warga dalam mengantri. Hal tersebut dilakukan karena kurangnya Sumber Daya Manusia yang ada di kelurahan.

Proses pembagian BST berjalan dengan lancar dan padat. Warga terus menerus datang tanpa henti mengingat ini adalah bantuan yang cukup sayang jika dilewatkan. Dari awal memasuki gedung hingga mendapatkan uang, penerapan protokol kesehatan juga berjalan ketat. Dengan begitu baik petugas yang mengurus pembagian dan masyarakat lainnya akan merasa nyaman.

Tetapi, masih banyak ditemukan berbagai kendala dalam proses pembagian BST. Dimana ditemukan beberapa orang tidak membawa kartu identitas asli, lalu ada juga yang menjadi perwakilan namun tidak dalam satu Kartu Keluarga (KK) yang sama. Hal tersebut sulit untuk dilakukan pemrosesan mengingat akan ada kemungkinan yang terjadi. Namun, adanya kendala tersebut juga dapat diatasi oleh petugas yang ada dengan menjelaskan secara langsung serta memperpanjang penyerahan persyaratan bagi masyarakat yang terkendala.