Bangkitkan Popularitas Empon-empon?! Mahasiswa KKN Undip Produksi Jamu Tradisonal untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh di Tengah Pandemi Covid-19

Gambar 1. Produk Jamu dari Empon-empon

Wonogiri (05/08/21) – KKN UNDIP Tim II tahun 2021 masih dilaksanakan ditengah pandemi Covid-19. Dijuluki KKN pulang kampung, karena pelaksanaanya secara individu dan di daerah masing-masing mahasiswa. KKN berlangsung sejak 30 Juni hingga 12 Agustus 2021 dengan mengambil tema “Sinergi Perguruan Tinggi dengan Masyarakat Lokal sebagai Sarana Pemberdayaan di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s)”. Di tengah pandemi Covid-19, mahasiswa KKN Undip yang berasal dari Wonogiri membuat program yang berkaitan dengan Covid-19, yaitu jamu tradisional yang berbahan dasar empon-empon.

Kasus Covid-19 belakangan ini terus melonjak, PPKM darurat diperpanjang. Di Kabupaten Wonogiri kasus positif Covid-19 tercatat masih tinggi, banyak dijumpai masyarakat yang masih abai dengan keberadaan Covid-19 ini. Kesadaran masyarakat desa mengenai pentingnya pola hidup sehat dan menjaga kebersihan di tengan pandemi ini masih sangat kurang. Hal tersebut tidak jauh beda dengan keadaan di Desa Giriwarno. Untuk mencegah penularan Covid-19, mahasiswa KKN Undip membuat sebuah program berupa sosialisasi tentang cara pembuatan jamu tradisional berbahan dasar empon-empon yang tentunya mudah didapatkan di pasar tradisional. Target dari program sosialisasi ini adalah ibu-ibu yang merupakan warga setempat.

Program ini mendapat dukungan dari Kepala Dusun Mangli, “Ada masukan dari Pak Lurah, dari mahasiswa KKN Undip apakah ada yang bisa membuat proker yang berisi cara bikin jamu atau obat herbal buat nambah imun untuk mencegah covid” ujar Andika salah satu remaja setempat. Masukan tersebut sejalan dengan rencana dari mahasiswa KKN Undip.

Konsep dari program sosialisasi tersebut adalah dengan pengambilan video cara membuat jamu yang kemudian diunggah di channel YouTube dan juga pembuatan poster tentang program terkait. Pengambilan video telah berlangsung pada Kamis, 29/07/21. Pada (02/08/21) telah berlangsung kegiatan sosialisasi melalui WhatsApp Group bersama ibu-ibu warga setempat. Kegiatan dimulai pukul 11.24 WIB dengan memberikan link YouTube dari video yang telah dibuat sebelumnya.

Gambar 2. Video Pembuatan Jamu Empon-empon yang Diunggah di Channel YouTube
Gambar 3. Sosialisasi dengan Ibu-ibu Melalui WhatsApp Group.

Sebagai program pendukung mahasiswa juga membuat sampel produk jamu yang dibagikan kepada warga. Pembagian produk telah dilaksakan pada Selasa, 03/08/21 dibarengi dengan pembagian masker kepada warga dan penempelan poster di tempat umum yang dilaksanakan pada Rabu, 04/08/21. Rangkaian kegiatan telah dilaksanakan dengan baik diperoleh target sesuai dengan rencana awal.

Gambar 4. Pembagian Jamu dan Masker
Gambar 5. Penempelan Poster di Tempat Umum

Penulis: Desti Jayamanti (Sejarah, FIB)

Aditor: Dr. Sunarno, S.Si., M.Si (Dosen KKN)

Lokasi KKN: Desa Giriwarno, Kecamatan Girimarto, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah