UMKM Terkena Dampak Covid-19, Mahasiswa KKN Undip Berikan Edukasi Kepada Owner Mengenai Inovasi Pemasaran Sebagai Solusi Permasalahan.

Semarang, (29/07/2021) – Pandemi Covid-19 tak hanya menciptakan krisis kesehatan masyarakat tetapi juga mengganggu ativitas ekonomi nasional. UMKM yang merupakan salah satu penggerak utama perekonomian di Indonesia, juga terkena dampak pandemi Covid-19. Banyak UMKM yang sampai saat ini masih mengalami kendala dalam pemasaran produknya, salah satu penyebabnya yaitu kurangnya pemahaman pemilik UMKM mengenai bagaimana pemasaran produk yang dapat menarik dan menjangkau pasar yang lebih luas. Apalagi saat pandemi seperti ini, banyak UMKM yang omsetnya mengalami penurunan.

Gambar 1. Koordinasi Program Kerja KKN Bersama Dengan Pemilik UMKM

Ibu Sumarni merupakan salah satu pemilik UMKM di Kelurahan Sendangguwo yang memproduksi aneka macam snack dan nasi box. Dalam memasarkan produknya, Ibu Sumarni hanya memasarkan dengan sistem titip ke warung-warung dan memproduksi lebih saat ada pesanan saja. Cara pemasaran ini terhitung masih sangat tertinggal, pemasaran dengan cara ini tidak dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

Oleh karena itu, Risky Dwi Saputri, Mahasiswa KKN Tim II Undip memberikan edukasi mengenai inovasi pemasaran yang dapat lebih menjangkau pasar yang luas. Program promosi UMKM Riza Snack & Nasi Box dilakukan dengan cara membagikan poster atau infografis melalui platform online seperti instagram, twitter dan whatsapp. Oleh karena itu, Risky memberikan edukasi mengenai inovasi pemasaran yang dapat lebih menjangkau pasar yang luas. Infografis ini juga harus di desain semenarik mungkin agar orang tertarik membacanya.

Selain itu, Risky juga membantu membuat desain logo, sebelumnya UMKM Riza Snack & Nasi Box milik Ibu Sumarni tidak memiliki logo, Risky kemudian membuatkan logo yang semenarik mungkin agar produk dapat memiliki ciri khas. Kemudian logo akan ditempelkan di setiap kemasan agar pembeli dapat lebih mudah membedakan produk dan lebih mudah jika ingin memesan produk karena Risky melampirkan nomor telepon untuk pemesanan dalam logo tersebut. Kegiatan ini dilakukan di kediaman Ibu Sumarni, yaitu Kp. Salak V RT 05 RW 07, Sendangguwo Semarang.

Gambar 2. Logo Kemasan Produk UMKM

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat menemukan metode pemasaran baru yang memiliki peluang jangkauan produk yang lebih luas, kemudian berdampak jumlah penjualan produk akan mengalami kenaikan. Sangat diharapkan dengan adanya kegiatan ini UMKM dapat mengalami kemajuan dan menghasilkan keuntungan yang  lebih bagi pemilik UMKM.

Penulis: Risky Dwi Saputri (12020218130043/ Fakultas Ekonomika dan Bisnis)

Dosen Pembimbing Lapangan: Nurhasmadiar Nandini, S.KM., M.Kes.