Ajak Siswa SD Bermain Games Para K-POP Idol, Mahasiswi UNDIP Adakan Program KKN Bermain Sambil Belajar Bahasa Inggris

Krapyak, Semarang (02/08) – Menurut ahli psikologi Rumah Sakit Pondok Indah – Puri Indah bernama Dra. Meriyati Budiman M.Psi, Psi, penggunaan internet dan gawai (gadget) pada anak saat ini semakin mengkhawatirkan, terlebih pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. Pernyataan tersebut dituturkan pada sebuah diskusi online yang bertema “Kesehatan Mental Anak dan Remaja di masa Pandemi” pada tanggal 29 Juni 2021.

Games 1. Mencari pasangan lawan kata pada flash card

Menyadari dampak buruk dari fenomena tersebut  salah satu mahasiswi FIB Universitas Diponegoro Jurusan Sastra Inggris memutuskan untuk mengadakan program kegiatan pemberdayaan masyarakat terutama siswa Sekolah Dasar (SD) di sekitar Kelurahan Krapyak yang berjudul Learning English is Cool, Play with English is Fun. Program KKN ini juga ikut mendukung pembangunan berkelanjutan atau SDG Nomor 4 Quality Education (Pendidikan Berkualitas). Selain bertujuan untuk mengalihkan penggunaan gadget yang berlebihan terhadap anak, program kegiatan ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan bahasa dan motivasi untuk belajar Bahasa Inggris bagi siswa SD Krapyak di sekitar RW V dan VI Kelurahan Krapyak. Keprihatinan Mahasiswa terhadap para siswa yang tidak mendapatkan mata pelajaran Bahasa Inggris dari sekolah turut menjadi faktor utama pengadaan kegiatan ini.

Games 2. Permainan Charades

Program kegiatan belajar Bahasa Inggris ini pertama kali diadakan pada Sabtu, 31 Juli 2021 yang diikuti oleh 6 anak dari kelas 3, 4, dan 5 SD Krapyak. Selama kegiatan berlangsung para siswa sangat antusias menyambut kegiatan ini dengan menjawab beberapa pertanyaan seputar adjective (kata sifat) dan mencari pasangan kata pada flash card yang berisi lawan kata atau opposite words. Permainan kata dalam kegiatan ini terinspirasi dari beberapa games yang acap kali muncul di variety show populer Korea Selatan, contohnya Charades atau permainan tebak kata melalui gerakan tubuh.

Penjelasan aturan permainan dan testimoni peserta kegiatan

Besarnya semangat dan antusias para peserta terhadap kegiatan ini, akhirnya membuat program “Learning English is Cool, Play with English is Fun” akan berlanjut dan diadakan setiap hari Sabtu dengan tetap mengikuti protokol kesehatan 5M dan membatasi jumlah peserta untuk meminimalisir resiko penyebaran virus COVID-19 selama kegiatan pelatihan ini  berlangsung.

Penulis: Amanda Hanna Astriyanti/ 13020118140093/ Jurusan Sastra Inggris (Mahasiswa KKN TIm II UNDIP Periode 2021)

Dosen Pembimbing: Nuryanto. S.Gz., M.Gizi.