Mahasiswa KKN Undip Bagi-Bagi Hand Sanitizer Demi Lawan Pandemi Covid-19

Bersama Lurah Bulusan saat pemberian hand sanitizer untuk Warga Bulusan. Foto: Dok. Pribadi

Semarang (05/08/2021) – Pandemi Covid-19 tampaknya belum akan berakhir dalam waktu dekat. Hingga saat ini, Indonesia masih berjuang melawan virus corona yang sudah mengubah tatanan hidup masyarakat sejak tahun 2020, termasuk Kota Semarang juga. Agar terhindar dari virus corona, masyarakat selalu dihimbau untuk menerapkan protokol kesehatan dengan baik, seperti menggunakan masker dan mencuci tangan dengan air mengalir. Namun, sayangnya, ada saat dimana kita sedang bepergian atau beraktivitas di luar rumah sehingga mengalami kesulitan mencari toilet dan tempat mencuci tangan. Karena alasan inilah, penggunaan hand sanitizer bisa menjadi salah satu solusi untuk membersihkan tangan dari kuman serta virus yang menempel.

Hand sanitizer adalah cairan pembersih tangan yang digunakan sebagai alternatif untuk mencuci tangan selain menggunakan sabun dan air. Hand sanitizer berbasis alkohol dengan minimal 60% dipercaya lebih efektif untuk membunuh kuman dan mikroorganisme berbahaya di tangan, termasuk pencegahan virus corona. Tidak hanya itu, hand sanitizer juga sangat praktis untuk dibawa kemana-mana dan dapat digunakan untuk membersihkan benda-benda yang akan kita sentuh, seperti gagang pintu, meja makan, remot tv, dan lain-lain sehingga sangatlah wajar apabila hand sanitizer menjadi salah satu produk yang paling sering dibeli semenjak merebaknya virus corona karena kegunaannya yang sangat bermanfaat untuk melindungi kita dari virus tersebut.

Menyadari hal tersebut, saya bersama teman-teman Tim KKN Undip T.A. 2020/2021 yang ditempatkan di Kelurahan Bulusan, Kecamatan Tembalang, Semarang, berinisiatif untuk membuat serta membagikan hand sanitizer kepada warga di sekitar Bulusan sebagai salah satu bentuk kepeduliaan kami dan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya untuk memperhatikan kebersihan dan melaksanakan protokol kesehatan di masa Pandemi Covid-19. Pembuatan hand sanitizer tidak memakan waktu lama dan alat-alat yang digunakan juga tidaklah rumit. Alat-alat yang kami siapkan adalah hand sanitizer botolan yang dibeli di toko kimia, corong, botol spray, dan stiker yang akan ditempelkan di botol hand sanitizer.

Alat-alat dan bahan yang digunakan. Foto: Dok. Pribadi
Saya dan teman-teman sedang membuat hand sanitizer. Foto: Dok. Pribadi
Produk hand sanitizer yang dibagikan. Foto: Dok. Pribadi
Penyerahan hand sanitizer kepada Lurah Bulusan. Foto: Dok. Pribadi

Penyerahan hand sanitizer dilakukan pada hari Selasa, 3 Agustus 2021 di Kelurahan Bulusan. Penyerahan terpaksa dilakukan secara simbolis kepada Pak Slamet Raharjo selaku Lurah Bulusan dikarenakan kami tidak diperkenankan untuk membagikan secara langsung kepada warga agar tidak terjadi kerumunan massa. Pak Slamet sangat mengapresiasi tindakan yang kami lakukan. Kami dan Pak Slamet sepakat bahwasanya menjaga kebersihan pada masa seperti ini adalah hal yang esensial sehingga pemberian hand sanitizer kepada warga menjadi salah satu langkah yang tepat untuk menyadarkan pentingnya kebersihan diri. Harapannya, hand sanitizer yang sudah dibuat dapat digunakan dengan baik sehingga warga Bulusan dapat bersama-sama melawan Pandemi Covid-19 dengan keadaan tubuh yang sehat sentosa.

Penulis: Gaby Elyzabeth M. (11000118130450)
DPL: Damar Nurwahyu Bima, S.Si., M.Si.