CEGAH KDRT, MAHASISWA KKN UNDIP SOSIALISASIKAN PENCEGAHAN DAN PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KORBAN

Semarang (5/8) – Kegiatan KKN Tim II 2020/2021 kali ini terasa berbeda, karena mahasiswa melakukan KKN di daerah tempat tinggal masing-masing. Mengusung tema “Sinergi Perguruan Tinggi dengan Masyarakat di masa pandemic Covid-19 berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)”, diharapkan mahasiswa dapat menerapkan ilmu yang telah didapat dibangku kuliah dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat. Terlebih pada masa pandemi Covid 19 ini, berbagai sektor kehidupan ikut terdampak, sehingga mahasiswa sangat perlu memberikan solusi dari masalah yang sedang dihadapi masyarakat dimasa pandemi ini dengan mengacu pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Salah Satu masalah yang ada dimasyarakat saat ini adalah meningkatnya angka Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain ekonomi, sosial, kebiasaan, dan sebagainya. Hal yang paling sering terjadi adalah Masyarakat masih takut untuk melapor dan hanya menerima kekerasan tersebut setiap hari. Orang-orang terdekat seperti tetangga maupun keluarga juga khawatir sekaligus tidak peduli terhadap permasalahan rumah tangga orang lain. Hal-hal seperti inilah yang harus diperbaiki. Undang-Undang tidak akan bekerja aktif menangani masalah, namun harus dijalankan oleh manusia itu sendiri.

Maka dari itu karena masih banyaknya masyarakat yang kurang mengerti akan Pencegahan dan Pengaduan KDRT,  Program kerja KKN Tim II Universitas Diponegoro dibawah bimbingan Abdi Sukmono, ST., MT. selaku Dosen Pembimbimg Lapangan yaitu Sosialisasi Mengenai Pencegahan KDRT sesuai dengan UU No.23 Tahun 2004 secara daring menggunakan aplikasi ZOOM. 

subsource-done-button-uid-395-C69-DA-1-C6-F-459-B-9532-3-D35-F1-E22-B7-C-1628176303378-source-other-
Mahasiswa KKN Undip melakukan Zoom Meeting

Selain melakukan sosialisasi menggunakan ZOOM, Mahasiswa KKN Tim II Undip juga melakukan penempelan poster mengenai Pencegahan dan Pengaduan KDRT di tempat-tempat umum dan juga membagikan Booklet mengenai Pencegahan dan Pengaduan KDRT di WA Group.

Nama : Alvin Nasihul Umam (Hukum 2018)

DPL : Abdi Sukmono, ST., MT.