Covid-19 melonjak, Mahasiswa KKN UNDIP beri Pelatihan Pembuatan Handsanitizer Alami

Blora (29/7). Universitas Diponegoro Kembali melakukan program pengabdian masyarakat ditengah pandemi covid-19. Pengabdian dilaksanakan melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan di kampung halaman masing-masing. KKN Periode II Tahun 2020/2021 ini mengangkat tema “Sinergi Perguruan Tinggi dengan Masyarakat di masa Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) melalui Kuliah Kerja Nyata.

Kebersihan tangan menjadi sangat penting di masa pandemi dalam upaya pencegahan dan penularan virus Covid-19. Sejalan dengan tema yang diusung oleh Universitas Diponegoro dalam KKN tahun ini, mahasiswa KKN UNDIP melaksanakan program inovatif yang dilakukan di Desa Palon Kecamatan Jepon Kabupaten Blora yaitu “Pembuatan Handsanitizer dari bahan alami yaitu batang sereh dan lidah buaya”.

Potensi Desa Palon, proses pengambilan sereh sebagai bahan handsanitizer

Pengambilan program ini tidak lepas dari potensi Desa Palon, dimana sereh  dan lidah buaya menjadi tanaman pekarangan rumah yang banyak ditemukan di Desa Palon. Selain dari potensi desa yang terpenting pemilihan tanaman ini juga diperhatikan dari sisi manfaatnya. Tanaman sereh memiliki berbagai kandungan yang baik. Sereh juga memiliki saroma menyegarkan dan bersifar anti bakteri. Lidah bauya memiliki berbagai nutrisi yang baik untuk kulit, sehingga dapat melembabkan kulit Ketika digunakan. Kombinasi ini sangat cocok untuk dibuat handsanitizer alami. Untuk lebih menambah keamanan, handsanitizer ditambahkan dengan alcohol 70% dengan takaran tertentu.

penyerahan handsanitizer alami dan leaflet cara pembuatan kepada warga Desa Palon

Pelaksanaan program kerja ini dilakukan dengan membagikan handsanitizer yang sudah jadi kepada masyarakat Desa Palon dan media leaflet yang berisikan cara pembuatan handsanitizer alami ini. Untuk lebih meningkatkan kewaspadaan masyarakat dari virus Covid-19 juga dibagikan masker kepada masyarakat Desa Palon bersamaan dengan pembagian handsanitizer.

handsanitizer tidak lepas dari aktivitas sehari-hari kita selama pandemi Covid-19 untuk menjaga kebersihan tangan. Pembuatan handsanitizer alami berbahan sereh dan lidah buaya tentunya menjadi solusi yang tepat dimasa pendemi dari sisi Kesehatan maupun ekonomi. Jadi diharapkan semua masyarakat dapat membuat handsanitizer alami secara mandiri.” Ujar mahasiswa.

Dari program tersebut diharapkan masyarakat Desa Palon dapat lebih waspada terhadap penyebaran virus Covid-19 dengan membuat handsanitizer dari bahan alami yang mudah didapatkan secara mandiri.

Penulis : Hananto Purnomoaji

Teknik Lingkungan 2018