Reportase 1: Berbeda! Mahasiswa KKN Undip Menggelitik Cakrawala Fikiran Anak-anak Dengan Khasanah Tokoh Sastra Dunia William Shakespeare

Mahasiswa KKN undip menggelitik cakrawala fikiran anak-anak dengan khasanah tokoh sastra dunia William Shakespeare. Pandemi meliputi penjuru dunia. Dari satu maujud yang kasat mata adalah metode sekolah yang semula offline terpaksa ditransisikan menjadi online dalam rangka urgensi mencegah penyebaran virus covid-19. Pun juga kegiatan perkuliahan seperti KKN ini Ranu Dipo Alam mahasiswa KKN Undip yang dibimbing oleh Ir. Marry Christiyanto, M.P, I.P.M. harus melaksanakan program kerja KKN di kediamannya.  Atas adanya pressure pandemi, maka Ranu Dipo Alam selaku mahasiswa KKN Undip di kelurahan Jatisari memberikan semacam ‘ekspresi’ sehingga anak-anak di wilayah RT 2/RW 7 bersentuhan dengan pengetahuan kebudayaan dunia, yakni pengetahuan tentang sastrawan jagat terkemuka William Shakespeare. Kendatipun anak-anak yang tengah menunjukkan sudah lelah dengan situasi kondisi dapat disegarkan oleh penyampaian yang cukup nyantai. Dibacakanlan biodata William Shakespeare dan karya puisinya tentu saja membuat anak-anak terkagum sekaligus mengetahui bahwa sastra berperan serta memiliki kaitan dalam psikologi manusia di dunia.

Penyampaian tentang sosok William Shakespeare ini diutarakan secara lisan di sore hari kepada anak-anak yang tengah beristirahat dari berolahraga di sekitar taman RT 2/RW 7 Jatisari tersebut. Penyampaian kesusastraan ini untuk memberikan semacam cakrawala katarsis tengah pandemi yang notabene Ranu Dipo Alam juga mendalami tentang sastrawan itu dalam materi perkuliahannya. “Pandemi memberikan kita ruang dan waktu untuk mempelajari segala hal yang mungkin tidak diajarkan guru-guru di sekolah. Salah satu tokoh fenomenal yang sangat valuable diketahui adalah nilai beserta riwayat hidup William Shakespeare” tegas Dipo. Pada kesempatan itu anak-anak pun menyimak uraian dan asyik mendengarkan terhadap yang disampaikan dengan menerapkan protokol kesehatan, ditambah rindangnya wilayah RT 2/RW 7 memberikan nilai lebih tersendiri saat itu.

Ranu Dipo Alam – Fakultas Ilmu Budaya Undip 2018

Dosen Pembimbing: Dr. Ir. Marry Christiyanto., M.P., I.P.M.

Kelurahan Jatisari, Kecamatan Mijen, Kota Semarang

KKN Universitas Diponegoro Tim II Tahun 2021