WOW! Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Mengedukasi Cara Menggunakan Masker Double dan Penerapan 5M kepada Warga RW 07 Di Kelurahan Sambiroto

Kelurahan Sambiroto, Semarang (24/7) – Perkembangan Covid-19 yang kian merajalela khususnya di Indonesia sangat perlu diwaspadai. Apalagi, kini muncul varian-varian baru seperti varian delta yang menurut WHO lebih berbahaya daripada varian biasa. Sudah sepatutnya pemerintah Indonesia harus gencar-gencarnya mengedukasi warga-warga terkait perkembangan Covid-19 ini.

Di Kota Semarang, di Kelurahan Sambiroto khususnya di RW 07, banyak warga yang belum paham akan protokol kesehatan yang sekarang ini sangat penting untuk dilakukan. Beberapa masyarakat Kelurahan Sambiroto tidak mematuhi protokol kesehatan seperti menjaga jarak, memakai masker saat di luar rumah dan bahkan tidak membatasi mobilisasi. Hal ini mengakibatkan angka terkonfimasi COVID-19 di lingkungan tersebut cukup meningkat. Dimasa-masa seperti ini, penggunaan satu masker tidak cukup untuk melawan penyebaran virus varian baru ini. Maka dari itu, penggunaan masker double sangat disarankan sekali digunakan, namun banyak warga Kelurahan Sambiroto yang belum paham tentang pentingnya memakai masker double ini dan cara menggunakannya.

Hal ini membuat mahasiswa dan mahasiswi KKN Tim II 2020-2021 tergerak untuk melakukan edukasi berupa sosialisasi mengenai cara menggunakan masker double dan menerapkan 5M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan dan Mengurangi mobilisasi) sebaik-baiknya untuk menekan angka peningkatan Covid-19.

Kegiatan Sosialisasi yang Dilakukan oleh Mahasiswa KKN Tim II UNDIP di RW 07 Kelurahan Sambiroto (24/7)

Sebanyak 7 warga dari masing-masing perwakilan RT yang ada di RW 07 mengikuti sosialisasi yang berlokasi di Gedung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) RW 07 Kelurahan Sambiroto. Sosialisasi dilakukan pada pukul 16.00 WIB dan berlangsung sekitar 1 1/2 jam. Kegiatan sosialisasi ini tetap berlangsung sesuai protokol kesehatan dengan menggunakan handsanitizer, mengecek suhu tubuh, menggunakan masker, dan menjaga jarak. Selain itu, mahasiswa dan mahasiswi KKN Undip juga membagikan masker kain dan masker medis kepada warga yang hadir. Warga terlihat antusias saat mengikuti sosialisasi dengan mengajukan beberapa pertanyaan mengenai cara mencuci masker kain dan mengelola sampah masker medis. Setelah sosialisasi, mahasiswa KKN melakukan penempelan poster yang ditempel di RT-RT Lingkungan RW 07 Kelurahan Sambiroto guna mengingatkan pentingnya masker double dan penerapan 5M.

Mahasiswa KKN Tim II Undip yang Melakukan Penempelan Poster di Lingkungan RW 07 (24/7)

Penulis: Simson Hasudungan Hutagalung (21050117130092)/Program Studi Teknik Mesin/Fakultas Teknik

DPL: Zaki Ainul Fadli, S.S., M.Hum