KEREN! Mahasiswa KKN Undip Mengadakan Pelatihan Ms. Excel dan SPSS serta Pembuatan Aplikasi Registrasi untuk Desa

Blora (06/08/21). Mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) TIM II Tahun 2021 mulai dari 30 Juni 2021 hingga 12 Agustus 2021. Kegiatan KKN tahun ini dilaksankan di kampung halaman masing-masing sebagai upaya Undip dalam memutus  rantai penyebaran Covid-19. Kebijakan tersebut dikeluarkan agar mahasiswa tetap bisa melaksanakan KKN sesuai jadwal yang ditetapkan dengan tanpa bepergian dan tidak menimbulkan kerumunan yang tidak sesuai dengan protokol kesehatan yang telah dikeluarkan kementrian kesehatan.

KKN TIM II Undip Tahun 2021 mengambil tema “Sinergi Perguruan Tinggi dengan Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s) Melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata”. Reni Junita sebagai salah satu mahasiswa yang ikut berpartisipasi dan mengabdi di Desa Kalen, Kecamatan Kedungtuban, Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah, dengan dosen pembimbing lapangan Dr. Rr. Karlina Aprilia, SE, MSc, Akt. Salah satu program yang dibawakan oleh Reni adalah pelatihan Ms. Excel dan pengenalan Software Statistika IBM SPSS 23 kepada perangkat desa serta membuat aplikasi registrasi untuk Desa Kalen.

Program Pelatihan Ms. Excel dan SPSS kepada Perangkat Desa dan Penjelasan Aplikasi Registrasi Desa

Saat ini banyak aktivitas administrasi yang dapat dilakukan secara terkomputerisasi, namun pada kenyataannya kegiatan administrasi di Balai Desa Kalen belum sepenuhnya terkomputerisasi dan masih banyak kegiatan yang dilakukan secara manual. Ms. Excel adalah salah satu aplikasi untuk mengolah data dengan otomatis melalui berbagai bentuk seperti rumus, perhitungan dasar, pengolahan data, pembuatan tabel, pembuatan grafik hingga manajemen data.  Selain Ms. Excel terdapat program aplikasi yang dapat dipakai untuk menganalisis data statistik yaitu SPSS (Statistical Product and Service Solutions). Dilihat dari namanya, SPSS sangat membantu dalam memecahkan berbagai permasalahan ilmu-ilmu sosial, khususnya ilmu statistik.

Video Pelatihan dan Aplikasi Registrasi Desa

Dalam melaksanakan program, mahasiswa dari jurusan Statistika ini membuat modul pelatihan dan aplikasi registrasi desa di Ms. Excel yang bisa digunakan untuk menginput data, kemudian juga membuat video tutorial agar materi bisa dengan mudah disampaikan dan dipahami. Pada tanggal 2 Agustus 2021, dilaksanakan kegiatan penjelasan aplikasi registrasi desa serta pendampingan input data di aplikasi tersebut kepada perangkat desa yang berlokasi di Balai Desa Kalen.

Selama keberjalanan program pelatihan ini mendapat respon yang sangat positif dari perangkat Desa Kalen. Diharapkan dari program pelatihan tersebut membuat kegiatan operasional dalam kantor pemerintah Desa Kalen mejadi lebih mudah, cepat, efektif, serta efesien. Sehingga, pelayanan publik yang dilakukan akan menjadi lebih baik lagi.

Penulis : Reni Junita/ Statistika 2018/ Fakultas Sains dan Matematika/ Universitas Diponegoro

Editor : Dr. Rr. Karlina Aprilia, SE, MSc, Akt