Terkini! Tes Deteksi Covid-19 Ada Dari Sampel Darah hingga Hembusan Napas

Banyubiru, Kabupaten Semarang (2/8). Pada program KKN Undip tahun 2020/2021 kali ini, membahas mengenai “Program Sinergi Perguruan Tinggi dengan Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19.” Dengan tema tersebut, mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro, yang merupakan bagian dari Tim II KKN undip, memberikan penyuluhan serta membuat modul panduan kesehatan kepada masyarakat setempat di Desa Banyubiru. Penyuluhan ini dilakukan pada hari Senin tanggal 2 Agustus 2021 yang dilakukan secara online dengan menggunakan platform Zoom. Penyuluhan ini dilakukan agar masyarakat Desa banyubiru dapat mengetahui lebih lanjut mengenai Covid-19, perkembangannya, serta jenis – jenis tes deteksi covid-19.

Sebelum pembuatan penyuluhan ini, mahasiswa sudah melakukan survei di daerah setempat yang dimana mahasiswa menemukan bahwa warga di Desa Banyubiru ini masih kurang paham mengenai berbagai macam tes deteksi covid-19 di Indonesia. Maka dari itu, agar masyarakat setempat mengetahui serta paham terkait hal tersebut, mahasiswa membuat modul panduan kesehatan covid-19 dengan isi modul tersebut terdiri dari info secara umum covid-19, perkembangan covid-19 di dunia dan Indonesia, serta jenis – jenis tes deteksi covid-19. Dalam pembuatan modul ini, mahasiswa dibimbing oleh dosen pembimbing KKN sehingga modul tersebut dapat terselesaikan dengan baik. 

Agar isi dari modul tersebut dapat dipahami, mahasiswa mengadakan penyuluhan dengan mengundang warga di Desa Banyubiru. Salah satu hal yang dijelaskan mahasiswa pada penyuluhan melalui platform Zoom tersebut, mengenai jenis – jenis tes deteksi covid-19 yang dimana terdapat dua macam pengambilan sampel, dari darah dan hidung/ tenggorokan. Dari kedua macam pengambilan sampel tersebut, terdapat teknik pengambilan sampel terbaru melalui hembusan napas. Selain menjelaskan hal – hal tersebut, di akhir penyuluhan terdapat sesi tanya jawab dengan para peserta di platform Zoom. 

Pada sesi tanya jawab tersebut, beberapa warga menanyakan terkait penjelasan yang dirasa kurang dipahami dengan mahasiswa menjawab hal tersebut sedemikian jelas dan rinci agar dapat mudah dipahami warga. Penyuluhan ditutup dengan ucapan terima kasih mahasiswa kepada dosen pembimbing KKN, Agus Naryoso., S.Sos., M.Si , serta para warga yang sudah meluangkan waktunya untuk dapat hadir di penyuluhan mengenai modul panduan kesehatan covid-19. 

Untuk dapat mengakses modul panduan, dapat mengakses link dibawah ini

https://drive.google.com/drive/folders/1b6qtfqUpj7E4xbGse6p5PX7dXaIsha-J?usp=sharing

Informasi lebih lanjut:

Tatalaksana Ramadhani Harianto

Tim II KKN Universitas Diponegoro 2020/2021

tatalaksanah@gmail.com