Mahasiswa UNDIP meningkatkan kinerja BUMDES melalui Website

Grobogan, Desa Putatsari (01/02/2021) – Aditya Nugraha, Mahasiswa KKN TIM II UNDIP melaksanakan kegiatan mensosialisasikan penerapan sistem website guna untuk meningkatkan peran Bumdes dalam mempromosikan UMKM yang ada di Desa Putatsari Kabupaten Grobogan. Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau yang biasa disebut dengan UMKM, merupakan  salah satu sektor yang berperan aktif dalam memajukan perekonomian. Untuk meningkatkan siklus perniagaan suatu negara, tidak cukup hanya dengan bergantung pada perusahaan besar tingkat global. Dukungan penuh juga perlu diberikan kepada pemilik usaha rumahan kecil yang sedang berkembang.

Pembuatan website UMKM Desa Putatsari

Pandemi covid-19 saat ini, mengancam dari berbagai sektor salah satunya mengancam kondisi ekonomi masyarakat. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah yang berimbas terhadap penurunan secara drastis ekonomi UMKM. Penyebaran pandemi Covid-19 memberikan dampak bagi pelaku UMKM salah satunya yaitu, pada Desa Putatsari Kabupaten Grobogan dimana para pelaku usaha yang memiliki usaha bermacam macam seperti pandai besi, anyaman, mebel dll. Menurut Masysarakat Desa Putatsari “Penjualan produk , mengalami naik turun, dengan adanya Covid-19 mengakibatkan sepi akan pelanggan yang ingin membeli produk olahan jagung ini. Penjualannya juga yang hanya dalam lingkup desa membuat makin minim akan penjualan. Maka dari itu dengan adanya peran BUMDES ini diharapkan bisa membantu para pelaku usaha UMKM di sekitar desa untuk bisa mempromosikan melalui web yang dimiliki oleh perangkat desa melalui BUMDES ini.

Memaparkan website kepada salah satu perangkat desa

                   Program KKN memperkenalkan praktik digital marketing sebagai salah satu pilihan terbaik untuk mengatasi perekonomian para pelaku UMKM di Desa Putatsari saat pandemi Covid-19. Digital Marketing menjadikan bisnis mudah menjangkau pasar online, mudah menemukan konsumen sesuai target yang direncanakan, menempatkan posisi strategis dalam persaingan bisnis, memudahkan evaluasi. Media Sosial Website adalah media sosial yang praktis dan mudah digunakan. Aditya Nugraha (21) melakukan kegiatan sosialisasi mengenai pentingnya menerapkan digital marketing berbasis Website melalui peranan BUMDES sebagai bentuk pengembangan UMKM di masa pandemi covid 19. Bersama salah satu perangkat desa yang mengurus bagian BUMDES (26/07), menerapkan digital marketing berbasis Website untuk menciptakan branding pada produk – produk UMKM di sekitar Desa. Dengan mengembangkan UMKM melalui social media atau offline dengan cara memberikan sosialisasi dan membuatkan Website yang berisikan tentang UMKM di Desa Putatsari, agar para pelaku UMKM tetap bisa produktiv dan menghasilkan pendapatan walau di rumah saja.

                   Harapan dari adanya kegiatan sosialisasi ini dapat meningkatkan perekonomian warga selaku pelaku UMKM dan memanfaatkan dengan maksimal peranan BUMDES terhadap UMKM yang ada di Desa Putatsari. Serta dapat diharapkan agar dapat menjangkau sasaran pasar yang lebih luas lagi.

Penulis : Aditya Nugraha/Administrasi Bisnis – FISIP

DPL : Dr. Ir. Suzanna Ratih Sari, MM. MA