Mudah Membuatnya, Besar Manfaatnya! Mahasiswa KKN UNDIP Mensosialisasikan Cara Mudah Memanfaatkan Buah-Buahan Menjadi Pangan Fungsional Water Kefir dengan Segudang Khasiat

Bendan Duwur, Semarang (07/08/2021)- Mahasiswa KKN UNDIP Tim II Tahun 2021 Melakukan Sosialisasi Kepada Warga RT 1 RW 01 Kelurahan Bendan Duwur, Kecamatan Gajah Mungkur, Kota Semarang Mengenai Cara Mudah dalam Memanfaatkan Buah-Buahan Menjadi Poduk Pangan Fungsional Water Kefir dengan Segudang Khasiat

Produk Water Kefir

Pemanfaatan tanaman di Kelurahan Bendan Duwur khususnya pada buah-buahan belum dilakukan secara maksimal. Buah-buahan tersebut hanya dimanfaatkan dengan mengonsumsinya secara langsung padahal banyak cara yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan manfaat dari kandungan buah-buahan tersebut salah satunya yaitu mengolah menjadi water kefir yang merupakan salah satu produk pangan fungsional. Menurut Food and Agriculture Organization of United Nations (FAO) pangan fungsional ini aman untuk dikonsumsi karena mengandung komponen aktif yang berpotensi meningkatkan kesehatan dan mengurangi risiko penyakit. Oleh karena itu, dalam rangka upaya meningkatkan kesehatan masyarakat untuk mencapai tujuan SDGs pada poin yang ketiga, Shofia Afida Hayya (21) mahasiswi Teknologi Pangan yang bergabung dalam KKN TIM II UNDIP 2021 melakukan sosialisasi mengenai cara membuat olahan water kefir dari buah-buahan dan manfaat yang diperoleh dari produk water kefir.

Sosialisasi Door to Door dengan Masyarakat

Proses pembuatan water kefir ini sangatlah mudah cukup menyiapkan 5 bahan saja water kefir ini dapat dibuat dan tidak membutuhkan alat yang susah untuk dicari. Pembuatan water kefir ini dilakukan dengan melarutkan gula sebanyak 2-3 sdm pada air 400 ml kemudian ditambahkan kismis sebanyak 4-5 biji dan dilanjutkan dengan menambahkan starter bibit kefir yang menjadi bahan utama pada pembuatan water kefir. Selanjutya, dilakukan fermentasi yaitu cukup dengan didiamkan pada suhu ruang selama 24-48 jam. Setelah itu, disaring untuk memisahkan bibit kefir dengan produk water kefirnya kemudian ditambahkan buah-buahan sesuai dengan keinginan dan dilakukan fermentasi kembali selama 24 jam. Water kefir ini memiliki rasa sedikit asam dan segar dari buah-buahan yang ditambahkan dengan sedikit bersoda.

Minuman water kefir ini memiliki banyak manfaat seperti menurunkan tekanan darah, mencegah terjadinya alergi, melancarkan pencernaan, menjaga keseimbangan flora usus, meningkatkan daya tahan tubuh dan sebagai antimikroba patogen atau bakteri penyakit. Pengaplikasian buah-buahan pada olahan water kefir ini sangat disarankan karena proses membuatnya mudah dan manfaat yang didapatkan lebih maksimal yaitu kandungan nutrisi baik yang ada dari buah-buahan tersebut ditambah dengan hasil fermentasi dari bibit kefir yaitu adanya bakteri probiotik yang dapat meningkatkan kesehatan utamanya pada pencernaan. Sehingga sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para warga RT 1 RW 01 Kelurahan Bendan Duwur dan dapat diaplikasikan untuk menghadapi kondisi pandemi seperti ini.

Penulis : Shofia Afida Hayya (Teknologi Pangan/FPP)
DPL : Ns. Muhammad Rofii., S.Kp. M. Kep.