MENGAJARKAN CARA MEMULAI DIGITAL MARKETING PADA PENGUSAHA DI DUSUN NJANGGLENGAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING USAHA
Desa Dadapayam, Semarang (6/8/2021). Dusun Njangglengan di kenal sebagai daerah yang memiliki banyak pengkrajin mebel dengan hasil produk berkualitas dan memiliki nilai jual tinggi. Dari penuturan yang di sampaikan salah satu pengkrajin biasanya dapat mereka menjual produknya hingga kedaerah Jepara, Rembang dan Kudus. Dan metode pemasaran yang di pakai masih berupa penyampain informasi dari mulut kemulut. Meski daerah penjualan cukup luas namum masih sedikit orang yang mengetahui produk kerajinan mebel dusun Njangglengan.
Dalam rangka untuk membatu meningkatkan daya saing usaha di Dusun Njangglengan baik dari usaha mebel atau usaha yang lainya, maka mahasiswa Universitas Diponegoro pada kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) TIM II 2021 mengajarkan langkah langkah dalam memulai digital marketing pada para pengusaha di Dusun Njangglengan pada 30 Juni -12 Agustus 2021.
Program kerja ini dilaksanakan melalui dua metode yaitu pemaparan materi langsung dan pembagian materi melalu grup WhatsApp. Pemaparan materi secara langsung disampaikan kepada perwakilan masing masing RT dan perwakilan karang taruna. Untuk pemabagian materi melalu WhatsApp di berikan melalui grup WhatsApp RT dan karang taruna.
( penyampain materi secara langsung dan via WhatsApp kepada perwakilan rt dan karang taruna untu kemudian diteruskan kepada warga)
Materi yang disampaikan mencakup pengertian digital marketing, manfaat digital marketing, langkah langkah memulai digital marketing dan langkah langkah membuat media social seperti instagram dan facebook.
Pemasaran digital atau Digital marketing adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan. Manfaat yang di peroleh dari menjalan digital marketing diantaranya dapat menjangkau pasar secara online, mudah menemukan konsumen dengan target yang di rencanakan, menempatkan posisi strategis dalam persaingan bisnis, dan meningkatkan profitabilitas. Untuk memulai digital marketing ada beberapa tahap yang harus di jalankan antara lain :
- Definisikan dan tentukan profil target pelanggan
- Tentukan tujuan output
- Pilih channel digital marketing yang cocok
- Eksekusi strategi digital marketing
( Materi yang disampaikan )
Langkah langkah pembuatan media sosial disampaikan karena Media social sangat di perlukan untuk kelancaran dalam menjalankan digital marketing karena itu penting bagi pelaku usaha untuk memiliki media social. Media social seperti facebook dan instagram dapat digunakan untuk menunjang digital marketing yang di jalankan secar sederhana. Untuk memiliki akun media social terlebih dahulu harus memiliki akun google untuk melakukan pendaftaran di media social terkait.
Dengan diberikanya edukasi mengenai digital marketing ini pengusaha di dusun Njangglengan dapat memulai menerapkannya dalam usaha mereka. Sehingga dapat meningkatkan daya saing usaha untuk mendorong kenaikan profitabilitas agar para pengusaha di dusun Njangglengan bisa mencapai kesejahterahan.
Penulis : Sudibyo Ikhsan
Dosen Pembimbing : Naintina Lisnawati, S.K.M., M.Gizi