Mahasiswa KKN Undip memberikan sosialisasi mengenai cara menjual Produk UMKM melalui layanan Instagram ads
Kelurahan Padangsari, Semarang (30/07) – Pandemi Covid 19 masih berlanjut dan masyarakat masih terkendala dalam melakukan aktivitas sehari-hari terutama dalam hal mencari keuntungan. Akibat pandemi ini, banyak sekali masyarakat yang mengalami penurunan pendapatan baik individu maupun untuk keluarga. Dengan melihat kondisi tersebut, mahasiswa Undip mengambil kesempatan untuk mengadakan sosialisasi bersama warga desa untuk meningkatkan penjualan produk masyarakat yaitu melalui media sosial terutama Instagram ads. Dimulai dari pendataan UMKM dan UKM agar mengetahui produk-produk apa saja yang dapat dijual melalui media sosial. Setelah itu membagikan poster mengenai apa itu Digital Marketing? Hingga melakukan pengarahan kepada masyarakat dengan diskusi bersama. Program Sosialisasi mengenai Digital Marketing dilakukan dengan perizinan dari RW 06 Padangsari, lokasi utama program akan dilaksanakan.
Dikarenakan sedang masa PPKM darurat maka sosialisasi dilaksanakan melalui daring (online) menggunakan platform Zoom Meeting. Sebelum dilaksanakan, public hearing atau mencari pendapat dengan ketua RW Bapak Hartono sudah dilakukan dan begitu pula dengan beberapa warga yang memiliki usaha.
Langkah pertama dalam membuat Instagram ads yaitu memastikan bahwa warga tersebut sudah memiliki akun facebook, setelah itu membuka laman Facebook ads, pilih membuat iklan terpadu dengan menentukan tujuan iklan, jenis iklan, hingga menentukan target audience. Setelah semua sudah terisi, hubungkan halaman Facebook dengan akun Instagram, setelah sudah terhubung dengan akun instagram warga dapat memilih format iklan yang diinginkan beserta teks serta gambar produk yang dijualnya. Langkah terakhir dalam membuat Instagram ads yaitu melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit ataupun kartu debit.
Setelah acara selesai dilakukan, banyak masyarakat menjadi lebih mengerti bagaimana cara menjual produknya melalui media sosial. Dengan adanya program tersebut, diharapkan untuk kedepannya baik pada saat pandemi covid-19 masih ada maupun sudah berakhir, masyarakat desa dapat lebih mudah untuk menjual produknya.
Penulis : Ammar Dzaky N
Dosen Pembimbing Lapangan : Dr. Ir. Martini., M.Kes