“CEGAH PENULARAN COVID-19 DI TEMPAT UMUM”: Mahasiswa KKN ini Melakukan Sosialisasi Terhadap Masyarakat Sekitar RW02 Kelurahan Sambiroto, Kota Semarang

Pemasangan Poster Protokol Kesehatan Masker Double di Salah Satu Tempat Umum RT11/RW02 (Dokpri)

Tempat umum adalah suatu tempat dimana semua orang dapat masuk ke tempat tersebut untuk berkumpul mengadakan kegiatan baik secara insidentil maupun terus menerus. Namun saat ini tempat umum dapat menjadi wadah atau sarana yang berbahaya dikarenakan penyebaran virus Covid-19 sangat kompleks dan cepat bahkan bisa melalui udara. Oleh karena itu masyarakat harus berhati-hati Ketika sedang melakukan aktivitas di tempat umum.

Dihimpun dari website Kemenkes: Protokol kesehatan berlaku bagi siapa saja yang terlibat atau berada di tempat dan fasilitas umum. Prinsipnya protokol kesehatan di tempat dan fasilitas umum harus memuat perlindungan kesehatan individu yaitu:

  1. memakai masker,
  2. cuci tangan dengan sabun,
  3. jaga jarak fisik dengan orang lain, dan
  4. meningkatkan daya tahan tubuh dengan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Salah satu protokol kesehatan yang saat ini sangat menjadi perhatian adalah penggunaan masker berlapis. Karena varian covid-19 yang semakin ganas mengharuskan kita untuk menjaga keamanan diri sendiri maupun orang lain, salah satu cara untuk mengatasi keganasan covid-19 yang semakin menjadi-jadi adalah dengan menggunakan masker berlapis. Dihimpun dari alodokter penggunaan masker berlapis sangat efektif untuk mencegah terjadinya penularan covid-19.

Diskusi dan Penyerahan Poster Prokes Masker Double kepada Bapak Hermanto selaku Ketua RW 02 Kelurahan Sambiroto (Dokpri)

Hingga saat ini terhitung bahwa Indonesia dan juga negara-negara lainnya sudah dilanda pandemi selama kurang lebih 1,5 tahun. Karena itu sudah banyak poster dan peringatan protokol Kesehatan yang sudah terlepas atau rusak di sekitaran tempat umum Kelurahan Sambiroto. Agar masyarakat terus mematuhi protokol Kesehatan sudah seharusnya poster-poster dan sosialisasi terkait prokes ini dijalankan kembali. Melihat hal ini, M. Hajjrol Dava (21) yang merupakan mahasiswa KKN di RW 02 Kelurahan Sambiroto berinisiatif untuk membuat program sosialisasi  protokol kesehatan dengan cara berdiskusi langsung dan menempelkan di tempat umum untuk menghimbau masyarakat agar taat protokol kesehatan.

Pemasangan Poster Prokes Masker Double di Masjid Baitul Makmur RT08/RW02 Kelurahan Sambiroto (Dokpri)

Dengan adanya sosialisasi protokol Kesehatan ini masyarakat diharapkan menjadi lebih sadar akan pentingnya protokol Kesehatan. Kegiatan ini pun mendapatkan tanggapan positif dari Ketua RW 02 Kelurahan Sambiroto. ” Sosialisasi seperti pemasangan poster untuk menyadarkan masyarakat sangat perlu, karena terkadang ada orang yang lupa atau khilaf ketika sedang tidak menaati prokes yang ada, sehingga dengan adanya poster di tempat-tempat umum bisa juga menjadi pengingat bagi masyarakat” Tutur Ketua RW 02 Kelurahan Sambiroto tersebut.

Penulis: M. Hajjrol Dava

Dosen Pembimbing: Tira Hamdillah Skripsa, S.KG., M.Kes