Varian Delta Sudah Menyebar Di Indonesia! Mahasiswa KKN Undip Edukasi Warga Dengan Buku Saku Covid-19!

Pembagian Buku Saku & COVID-19 Kit

Bekasi (3/8) – Varian Delta merupakan varian baru dari COVID-19 yang jauh lebih ganas daripada varian sebelumnya, varian delta diindikasikan 10x lebih menular dibandingkan varian lainnya. Selain itu varian Delta, Kappa, dan Delta plus dapat menurunkan efisiensi vaksin. Varian tersebut rentan terhadap anak-anak dan lansia, hanya dibutuhkan waktu 10-15 detik untuk menularkan.

Lewat buku saku ini diharapkan dapat membantu warga mengenali COVID-19 lebih dekat, selain membahas tentang pengenalan varian baru dan varian yang sudah ada di Indonesia, buku ini juga berisi tentang bagaimana pencegahan yang tepat terhadap varian baru. Contohnya adalah tata cara penggunaan double masker, banyak sekali warga yang masih salah dalam penggunaan double masker. Kebanyakan dari mereka menggunakan masker medis dengan masker medis, cara tersebut salah dan tidak efisien. Sebaiknya apabila tidak menggunakan masker medis yang ditimpa dengan masker kain, lebih baik menggunakan 1 lapis masker namun dalam keadaan terikat sehingga tidak ada celah untuk virus masuk.

Selain tata cara penggunaan masker, vaksinasi juga menjadi salah satu cara utama untuk mencegah terkenanya COVID-19. Mengingat gejala varian delta sudah hampir mirip dengan flu, sehingga banyak sekali masyarakat yang kurang responsif apabila kerabat terdekatnya mengalami salah satu gejala. Sebaiknya apabila mengalami gejala COVID-19 segera dibawa ke Puskesmas atau tempat pelayanan kesehatan terdekat untuk menjalani tes PCR atau swab antigen. Namun yang perlu diingat swab antigen (-) belum tentu negative, namun swab antigen (+) sudah pasti positif. Selain itu PCR test seringkali mendapatkan false negative, sehingga protokol kesehatan tetap menjadi kunci utama.

Buku Saku COVID-19 “Kenali COVID-19 Lebih Dekat”
Pembagian Buku Saku & COVID-19 Kit

Keseluruhan isi buku ini lengkap dan sudah mencakup bagaimana penanganan COVID-19 saat isolasi, dan informasi lainnya tentang COVID-19. Informasi yang ditulis didalam buku saku ini semuanya kredibel dan dapat dipertanggungjawabkan sehingga tidak ada berita simpang siur. Respons warga sangat baik ketika saya sebagai mahasiswa penggagas program membagikan buku saku kepada para warga. Tidak jarang warga yang antusias bertanya mengenai varian baru karena banyak informasi yang belum mereka dapatkan. Selain itu saya juga membagikan COVID-19 Kit yang berisi masker dan hand sanitizer agar warga senantiasa menjalankan protokol Kesehatan.

Diharapkan dengan adanya program kerja Buku saku dan pembagian COVID-19 Kit dapat meningkatkan tingkat kesadaran warga akan bahayanya COVID-19 dan membuat warga senantiasa taat pada protocol Kesehatan. Dan apabila warga ada yang terkena COVID-19 tidak lagi panik, sehingga dapat tenang dan berpikir positif. Semoga pandemi di Indonesia segera selesai agar kita semua dapat beraktifitas dengan baik dan seperti sediakala.

Penulis : Hanna Berliana Aviany / Bioteknologi Fakultas Sains dan Matematika

DPL : Drs. Dul Muid, M.Si, Akt.