PUSING BELAJAR MATEMATIKA DI SAAT PANDEMI, MAHASISWA UNDIP BUATKAN MODUL MATEMATIKA UNTUK ANAK SD

Ngablak, Kabupaten Magelang (31/07) – Pelaksanaan Kuliah kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro Tim 2 Periode 2021 sedikit berbeda dengan KKN di tahun – tahun sebelumnya, dikarenakan pandemi Covid-19 yang belum berakhir, yang menjadikan KKN dilakukan secara Online. KKN Undip periode ini mengangkat tema “Sinergi Perguruan Tingggi dengan Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’S) Melalui Kuliah Kerja Nyata” yang dilaksanakan pada 31 Juni – 12 Agustus 2021.

Pandemi Covid-19 yang belum berakhir ini memaksa semua sekolah untuk melaksanakan pembelajaran secara daring, salah satunya yaitu beberapa SD di desa Ngablak. Semua siswa melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah masing-masing. Hal ini membuat siswa kesulitan dalam belajar, banyak siswa yang kebingungan saat belajar sendiri dirumah, terutama pada pelajaran matematika yang pada umumnya dianggap sulit oleh sebagian besar siswa. Ketersediaan modul dalam pendampingan belajar juga menjadi masalah serius dalam pembelajaran secara daring. Berdasarkan permasalahan tersebut, mahasiswa Undip membuat modul pembelajaran matematika yang mudah dipahami oleh siswa SD. Modul tersebut berisi materi dan latihan soal  matematika beserta pembahasan untuk kelas 4 – 6 SD.

Pembagian modul matematika kepada siswa SD
Pendampingan belajar melalui WhatsApp

Program tersebut dimulai dari pembagian modul yang dimulai pada hari Sabtu (24/7) melalui chat WhatsApp yang dikirim kepada ibu-ibu di dusun Sowanan dan pembagian modul ke beberapa siswa secara langsung. Selain pembagian modul, dilaksanakan juga pendampingan belajar melalui chat WhatsApp. Hal ini dikarenakan masih banyak siswa yang belum paham apabila belajar sendiri, sehingga dibutuhkan pendampingan dalam belajar. Para siswa dan orang tua menyambut baik program yang diadakan oleh mahasiswa KKN Tim 2 Periode 2021 ini. Dikarenakan mata pelajaran matematika yang selalu dianggap sulit oleh siswa, sehingga adanya program ini siswa dapat terbantu dalam memecahkan masalah dalam bidang matematika.

Penulis: Ayu Septiyawati

DPL: dr. Rani Tiyas Budiyanti, M.H.