Mahasiswa TIM II KKN UNDIP Edukasi Digital Marketing Kepada Pelaku UMKM Untuk Mengembangkan Usaha Secara Online!
Semarang (06/08/2021) Pandemi COVID-19 telah memberikan dampak luar biasa pada perekonomian nasional, khususnya di sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Permasalahan utama yang harus dihadapi para pelaku UMKM pada saat pandemi adalah turunnya penjualan karena demand yang merosot dan terhambatnya distribusi ketika pergerakan orang dan barang terbatas. Oleh karena itu penulis selaku mahasiswa memberikan edukasi kepada pelaku UMKM RW 04 Kelurahan Pleburan, Kecamatan Semarang, Kota Semarang.
Edukasi tersebut berisi materi beberapa diantaranya tentang apa itu digital marketing mengapa digital marketing diperlukan, dan bagaimana cara menggunakan digital marketing secara optimal.
Sejak adanya pandemi COVID-19, media digital berbasis online saat ini menjadi sasaran pelaku usaha khususnya UMKM karena dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan meminimalisir aktivitas di luar ruangan. Pemasaran melalui sarana online juga membutuhkan modal relatif rendah. Digital Marketing bisa menjadi alternatif yang tepat saat pandemi karena di situasi ini konsumen lebih cenderung memilih proses belanja tanpa kontak fisik.
Program ini memiliki tujuan untuk memberi informasi terkait dengan strategi komunikasi secara online yang paling efektif untuk pelaku atau masyarakat yang ingin memulai melakukan UMKM. Selain itu, pelaku UMKM dapat menggunakan platform online untuk mengembangkan usahanya.
Dalam proses sosialisasi, mahasiswa juga membantu UMKM setempat mendaftarkan usaha nya ke platform media sosial dan e-Commerce. Beberapa diantaranya adalah Shoppee, Go-Jek dan Instagram.
“Terima kasih banyak mba, jadi merepotkan. Semoga ilmunya menjadi berkah buat kita semua.” Ucap Ibu Anis salah satu penggiat UMKM di RW 04 kawasan Pleburan, Semarang Selatan.
REPORTER : Enya Rasya
FAKULTAS/JURUSAN : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik/ Ilmu Komunikasi
DPL : Nuryanto, S.Gz., M.Gizi.