Mahasiswi UNDIP Tekankan Nelayan Kampung Cacing Untuk Semangat Menjaga Kebersihan

Tangerang (31/7). Siapa yang tidak suka kebersihan? Pastilah semua orang menyukai keadaan yang bersih dan terjaga. Selain sedap dipandang, bersih juga membuat diri kita nyaman untuk melakukan segala jenis kegiatan. Selain itu, kita tidak akan rugi dengan hadirnya bersih ini karena jutaan manfaat yang akan menghampiri, seperti terhindarnya kita dari penyakit dimana sakit itu mahal harganya.

Sebagai bagian dari SDG’s, mahasiwi Undip mengajak warga Kampung Cacing, khususnya nelayan untuk berpartisipasi dalam mewujudkan program ini. Seperti saat bernelayan, di perjalanan pulang jika ada sampah yang terbawa arus air dan berpapasan dengan perahu mereka, bisa mereka ambil, lalu tidak menumpahkan bahan kimia ke sungai, juga karena sekarang masih pandemi, mereka juga tetap harus menerapkan protokol kesehatan. Semua itu terangkum dalam poster yang mahasiswi tempel di Kampung Cacing.

Untuk menambah semangat warga menjaga kebersihan, mahasiswi juga memberi tempat sampah baru. Harapannya warga tergerak untuk tidak membuang sampah sembarangan. Terlebih, sudah diberi dukungan fasilitas untuk menerapkannya.

Hasil yang diharapkan ini tidaklah instan. Perlu proses untuk terlihat secara signifikan, namum ini tidak membuat warga Kampung Cacing patah semangat. Mereka terus menerapkan kebiasaan baru ini agar tidak semakin banyak sampah berserakan juga mengurangi sampah yang sudah dibuang sembarangan.

Penulis: Keyza Taqi Wafi

Jurusan: Teknik Perkapalan – Fakultas Teknik

Dosen Pembimbing: Dr. Untung Sujianto, S.Kp., M.Kes.