Keren! Mahasiswa KKN Undip Perkenalkan Cara Menjual Produk UMKM Melalui Sosial Media Marketing
Semarang (02/08), Hingga saat ini Indonesia masih berada di urutan ke-14 dengan kasus Corona tertinggi di dunia. Total kasus Covid-19 di Tanah Air telah mencapai 3.532.567 dengan penambahan kasus dalam waktu 24 jam terakhir sebanyak 35.867 kasus positif. Jumlah yang meninggal dunia terkonfirmasi bertambah 1.747 jiwa, sehingga total kematian menjadi 100.636 orang. Sementara jumlah yang berhasil sembuh mencapai 2.907.920 orang, di mana per hari ini tercatat ada tambahan 34.251 kasus kesembuhan dan masih menyisakan 524.011 kasus aktif.
Di kala pandemi banyak pelaku UMKMyang sulit bertahan. Hal ini dikarenakankan UMKM menghadapi berbagai masalah besar akibat pembatasan mobilitas, seperti menjangkau konsumen. Setiap orang harus siap dengan perubahan transformasi digital yang terjadi pada berbagai sektor di era internet, khususnya setelah pandemi Covid-19 terjadi perbahan dituntut semakin cepat dan adaktif. Penggunaan teknologi dalam berbagai aktifitas pun sudah menjadi bagian keseharian.
Melihat kedaan tersebut, mahasiswa KKN Undip membagikan booklet yang berisi ringkasan mengenai permasalahan dalam digital marketing. Booklet itu sendiri membahas bagaimana seharusnya UMKM bertahan lewat digital marketing, atau pemasaran secara digital. Program tersebut dilakukan melalui daring (whatsapp group) dan diikuti oleh kelompok UMKM Bulusan. Setelah sosialisasi selesai dilakukan, banyak masyarakat menjadi lebih mengerti bagaimana cara menjual produknya melalui media sosial. Dengan adanya program tersebut, diharapkan untuk kedepannya baik pada saat pandemi covid-19 masih ada maupun sudah berakhir, masyarakat desa dapat lebih mudah untuk menjual produknya.
Penulis : Nadhiva Alana Witadhea
Dosen Pembimbing Lapangan : Dr. Ir. Martini., M.Kes