PECAHKAN MASALAH PEMBELAJARAN DARING, MAHASISWI KKN UNDIP BUAT DAN BAGIKAN MODUL BELAJAR MATEMATIKA UNTUK ANAK SD

Modul Belajar Matematika

Pati (31/7), Pelaksanaan KKN UNDIP Tim II periode 2020/2019 berbeda dengan periode sebelumnya. Pada KKN periode kali ini, dilaksanakan secara daring atau online. KKN Undip periode tahun ini mengangkat tema “Sinergi Perguruan Tinggi dengan masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s) Melalui Kuliah Kerja Nyata” yang dilaksanakan pada tanggal 31 Juni 2021 sampai dengan 12 Agustus 2021

Sejak terjadinya wabah virus covid-19 di Indonesia pada awal tahun 2020 lalu, pemerintah indonesia menerapkan sistem belajar online atau daring. Sistem belajar online ini diterapkan kepada siswa siswi dari jenjang SD, SMP, hingga SMA/SMK. Dengan sistem belajar daring ini, beberapa anak mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran yang telah diberikan selama pembelajaran daring khususnya, pada mata pelajaran matematika. Hal ini juga dialami oleh anak-anak di desa Panjunan, mereka juga mengatakan bahwa selama pembelajaran daring mereka susah untuk mengerti cara menyelesaikan permasalahan pada soal matematika.

Berdasarkan permasalahan tersebut, mahasiswI KKN UNDIP memiliki ide untuk membuat modul belajar matematika untuk anak-anak SD. Modul tersebut berisi materi yang dilengkapi dengan contoh soal dan pembahasan untuk kelas 4-6 SD. Modul soal tersebut dibuat supaya anak-anak lebih mudah memahami materi matematika selama pembelajaran daring.

Pembagian Modul Belajar Matematika melalui WhatsApp
Pembagian Modul Belajar Matematika secara offline

Program modul matematika ini dimulai pada (26/7) dengam membagikan modul matematika kepada anak-anak secara online melalui WhatsApp. Kemudian pada (31/7) dilakukan pembagian modul matematika secara langsung kepada anak-anak. Selain membagikan modul matematika, juga dilaksanakan pendampingan belajar melalui chat Whatsapp. Dengan adanya modul belajar matematika ini, anak-anak merasa sangat terbantu dalam memahami pelajaran matematika, begitu juga dengan para orang tua mereka yang merasa senang terhadap program modul belajar matematika ini. Maka dari itu, dengan adanya program yang dilaksanakan mahasiswi KKN UNDIP ini dapat memecahkan masalah yang terjadi akibat pembelajaran daring selama pandemi.

Penulis: Annisa Fitriani

DPL : Dr. Dodik Pramono, M.Si., Med.