HEBOH! MAHASISWI UNDIP AJAK WARGA SE-RW MAKAN DI MASA PANDEMI

Demak (21/7). Masa pandemi saat ini memaksa masyarakat untuk mengurangi sebagian aktifitas di luar rumah. Terbatasnya informasi khususnya dalam menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh, maka diperlukan sosialisasi pada masyarakat desa akan pentingnya imunitas tubuh di masa pandemi ini. Daya tahan tubuh tidak hanya mencegah agar tidak mudah terjangkit, namun juga mempercepat penyembuhan dan pemulihan dari penyakit. Daya tahan tubuh dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan sumber komponen bioaktif yang memiliki aktivitas antiviral dan imunomodulator atau immune booster.

Pola makan merupakan perilaku paling penting yang dapat mempengaruhi keadaan gizi. Hal ini disebabkan karena kuantitas dan kualitas makanan dan minuman yang dikonsumsi akan mempengaruhi asupan gizi sehingga akan mempengaruhi kesehatan individu dan masyarakat. Gizi yang optimal sangat penting untuk pertumbuhan normal serta perkembangan fisik dan kecerdasan bayi, anak-anak, serta seluruh kelompok umur. Gizi baik membuat berat badan normal atau sehat, tubuh tidak mudah terkena penyakit infeksi, produktivitas kerja meningkat serta terlindung dari penyakit kronis dan kematian dini. Agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit kronis atau penyakit tidak menular terkait gizi, maka pola makan masyarakat perlu ditingkatkan kearah konsumsi gizi seimbang. Keadaan gizi yang baik dapat meningkatkan kesehatan individu dan masyarakat.

Sosialisasi Pola Makan Sehat dan Bergizi merupakan salah satu kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan oleh Mahasiswa Universitas Diponegoro di RW 21, Pucang Jajar Timur, Desa Batursari, Kecamatan Mraggen, Kabupaten Demak. Sosialisasi dilakukan bertujuan untuk memberikan informasi mengenai pola makan yang sehat dan bergizi menurut Kementerian Kesehatan RI. Pelaksanaan kegiatan sosialisasi dilakukan secara daring (dalam jaringan) melalui grup Whatsapp yang telah disediakan oleh masyarakat RW 21, Pucang Jajar Timur, Desa Batursari, Kecamatan Mraggen, Kabupaten Demak dalam bentuk selembaran menarik serta video edukatif.

Kegiatan Sosialisasi Pola Makan Sehat dan Bergizi di Masa Pandemi
Sampul Video yang Digunakan dalam Sosialisasi Pola Makan Sehat dan Bergizi kepada Masyarakat RW 21, Desa Pucang Jajar Timur, Desa Batursari, Kecamatan Mraggen, Kabupaten Demak.
Flyer/ Selembaran yang Dibagikan kepada Masyarakat RW 21, Desa Pucang Jajar Timur, Desa Batursari, Kecamatan Mraggen, Kabupaten Demak.

Sosialisasi Pola Makan Sehat dan Bergizi di Masa Pandemi mendapatkan respon positif dari masyarakat RW 21, Pucang Jajar Timur, Desa Batursari, Kecamatan Mraggen, Kabupaten Demak. Sosialisasi ini memberikan pengetahuan lebih mengenai pola makan yang sehat, bergizi, murah dan sesuai anjuran Kementerian Kesehatan RI. Diharapkan dengan kegiatan sosialisasi ini dapat membuat masyarakat tertarik dan mencoba mengubah pola makan yang dulu menjadi pola makan baru yang sehat dan bergizi.

Penulis : Zulfa Millatia (Manajemen Sumberdaya Perairan – FPIK)

Dosen Pembimbing Lapangan: Ibu Dyah Wijaningsih, S. H., M. H.