Minggu Terakhir KKN, Mahasiswa UNDIP Edukasi UMKM Perihal Digital Marketing & Bantu Pembagian Beras untuk Warga Kelurahan Wonotingal

Penulis                          : Sofianisa Rahmawati
Dosen Pembimbing    : Dr. Ir. Pinandoyo, M.Si.
Lokasi KKN                : Kelurahan Wonotingal, Candisari, Semarang

Desain E-Booklet untuk Sosialisasi Digital Marketing (Dok. Pribadi)

Kelurahan Wonotingal (06/08/2021) – Memasuki minggu keenam KKN, mahasiswa UNDIP ikut berpartisipasi dalam program pembagian beras untuk kebutuhan PPKM warga dari pemerintah setempat yang dilaksanakan di Kantor Kelurahan Wonotingal. Sejak jam 08.00 WIB terlihat warga sudah mulai mendatangi lokasi untuk antre mendapatkan beras BULOG seberat 10 kilogram.

Mahasiwa KKN membantu pembagian bantuan beras di Kelurahan Wonotingal

Tak hanya itu, sebelumnya, mahasiswa UNDIP pun juga menyelenggarakan program edukasi “Ngedolke Online Wae” yang dilakukan secara daring untuk membantu para pelaku UMKM di wilayah RW 03 meningkatkan promosi dengan memanfaatkan platform digital. Dilengkapi dengan e-booklet yang telah dirancang sebelumnya serta berisi seputar tips foto produk, pembuatan deskripsi produk, penentuan target market, dan sebagainya, sosialisasi dimulai pada Kamis (05/08) jam 13.00 WIB melalui pesan WhatsApp.

Meski sosialisasi dilakukan secara daring, namun warga terlihat cukup antusias untuk menerima materi yang diberikan. Warga melontarkan sejumlah pertanyaan terkait promosi pada media seperti apa yang cocok dengan produk yang dijualnya, serta cara mendaftarkan usahanya pada platform jual beli online.

Sosialisasi Digital Marketing melalui WhatsApp (Dok. Pribadi)

Setelah melaksanakan program kedua, penulis kemudian mulai merancang ide video profil untuk wilayah KKN. Video tersebut berisi potensi wilayah RW 03 Kelurahan Wonotingal, Candisari juga testimoni program yang telah dilaksanakan dari warga setempat. Melalui video ini, harapannya dapat membranding wilayah Kelurahan Wonotingal sehingga akan semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Di akhir minggu keenam pula, penulis pun mulai menyusun LPK sebagai bentuk laporan pasca pelaksanaan kegiatan, reportase minggu keenam, serta logbook.

Harapannya, dengan diadakannya program KKN ini, tak hanya memberikan manfaat untuk mahasiswa karena bisa belajar langsung dari lapangan, tapi juga bisa bermanfaat bagi masyarakat luas khususnya para pelaku UMKM di RW 03 Kelurahan Wonotingal agar dapat bertahan dan semakin bersaing di tengah pandemi COVID-19 gelombang kedua ini.