Mahasiswa KKN UNDIP Memberikan Pemberdayaan Mengenai Manfaat dan Khasiat Yoghurt dan Cara Pembuatannya Dalam Skala Rumah Tangga untuk Konsumsi Pribadi atau Ide Bisnis !

Bekasi (30/7) – Yoghurt merupakan produk susu fermentasi kaya akan nutrisi yang dibuat dengan bantuan bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophillus yang akan menghasilkan rasa asam dan cita rasa yang khas yoghurt. Yoghurt memiliki banyak manfaat bagi tubuh anda yang pertama yakni, yoghurt kaya akan nutrisi (mengandung protein tinggi, karbohidrat, kalsium, kalium, Vitamin B1, B2, B6, B 12, C, D, E), kedua yoghurt kaya akan kalsium dan kalium yang baik untuk pertumbuhan gigi dan tulang anda, ketiga yakni yoghurt membantu merawat sistem pencernaan anda, yoghurt juga memperkuat system imun tubuh, menjaga kesehatan jantung serta yoghurt dapat membantu menurunkan berat badan anda. SDGs (Sustainable Development Goals) atau dapat disebut juga dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan poin yang ketiga dan kesembilan yaitu Kehidupan sehat dan Industri inovasi menjadi acuan juga kegiatan ini dilakukan agar terciptanya masyarakat berkehidupan sehat dengan mengkonsumsi yoghurt yang sangat baik bagi kesehatan tubuh serta membantu memunculkan ide kreatif untuk terbentuknya UMKM di lingkungan sekitar. Maka dari hal tersebut lah yang mendorong Leroy Errando (Bioteknologi, 2018) untuk menjadikannya fokus dalam memilih program kegiatan yang akan dilakukan dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II TA 2021, edisi “KKN Pulang Kampung”. Kegiatan KKN ini berlokasi di Kelurahan Bojong Rawalumbu, Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat khususnya pada lingkungan RT 007/ RW 011. Dengan target dari program kegiatan adalah warga RT 007/ RW 011.

VIdeo Tutorial Cara Pembuatan Yoghurt sebagai Salad Dressing dalam Skala Rumah Tangga

Kegiatan dilaksanakan pada hari Rabu 28 Juli 2021, kegiatan pemberdayaan mengenai manfaat dan khasiat yoghurt dan cara pembuatannya dalam skala rumah tangga untuk konsumsi pribadi atau ide bisnis dilakukan secara daring (untuk menghindari terjadinya kerumunan) dengan mengirimkannya dalam bentuk poster dan video melalui pesan Whatsapp kepada warga RT 007/ RW 011. Kegiatan berlangsung selama kurang lebih satu jam setengah yang dimulai dari pukul 13:00 WIB. Program kegiatan yang dilaksanakan sangatlah disetujui dan didukung oleh Ketua RT serta warga RT 007/ RW 011 yang disambut dengan antusias, sehingga program kegiatan dapat berlangsung dengan baik dan lancar.

Pemberdayaan Manfaat, Khasiat dan Cara Pembuatan Yoghurt Kepada Warga RT 007 / RW 011, Kelurahan Bojong Rawalumbu, Kota Bekasi Timur, Jawa Barat

Poster edukasi yang dikirimkan oleh Leroy Errando juga memuat informasi yang penting dan diharapkan dapat memberikan edukasi kepada warga sekitar seputar yoghurt. Dalam poster dimuatapa itu pengertian yoghurt serta manfaat yoghurt bagi kesehatan tubuh dan dalam video dimuat juga cara pembuatan yoghurt.