Pemberdayaan Karang Taruna dengan Pengembangan E-sport.

Whats-App-Image-2021-08-08-at-02-47-55

Di Kelurahan Bendungan ini sangat banyak sekali Pemuda yang tergerak dalam Karang Taruna, tetapi dari keadaan saat ini banyak pemuda yang sedang menganggur atau sedang menjalani kuliah online. Maka dari itu kami ingin mengabdikan diri untuk melakukan pengajaran kepada mereka tentang penting nya pendidikan. Karena minat belajar mereka juga cukup tinggi. selain itu para pemuda di Kelurahan Bendungan sangat gemar sekali berkumpul untuk melakukan kegiatan main game bersama.hal ini merupakan momentum yang pas untuk melakukan sosialisasi tentang pentingnya e-sport Intervensi yang dilakukan yaitu dengan melakukan pendekatan dan pengajaran secara bertahap mengenai peluang terhadap dunia E-sport bagi para pemuda, melakukan pendekatan dan penyuluhan terkait penting nya e-sport untuk para pemuda Kelurahan Bendungan, dan melakukan lomba game mobile legend sebagai acara puncak dari program sosialisasi e-sport itu sendiri.

     Perkembangan olahraga elektronik atau bahasa lainnya eSport di Indonesia dari tahun ke tahun makin pesat. Esport dengan berbasis permainan daring (game online) terus berkembang. Ini dikarenakan semakin hari, semakin banyak orang yang menggemari game online. Bahkan, tak sedikit yang mendalami sebuah game dan mengembangkan teknik-teknik sehingga bisa mengikuti pertandingan. Kini, pemerintah telah menyediakan wadah bagi para atlet eSport untuk semakin mengembangkan dirinya agar bisa membawa prestasi. Untuk memastikan program pengembangan eSport dan industri gaming berjalan baik, Kemenko PMK menggelar Rakornis Pemenuhan Janji Presiden “Mengembangkan ESport dan Industri Gaming Untuk Menjadi Salah Satu Modal Bangsa”.                

Untuk meningkat gairah untuk belajar E-sport Tim KKN II UNDIP 2021 melakukan Edukasi mengenai peluang dalam dunia E-sport  serta Pengajaran dasar yang perlu di kuasai dalam permainan E-sport salah satunya dalam Game Mobile Legend pada tanggal 1 Agustus 2021.  Serta pada hari kamis 12 Agustus 2021 mengadakan Turnamen kecil Mobile Legend dengan diikuti 6 team dari pemuda Karang Taruna. Diharapkan dalam adanya kompetisi ini dapat dijadikan awal untuk berkembang seterusnya untuk menghadapi kompetisi-kompetisi selanjutnya. Diharapkan dengan adanya program ini pemuda Karang Taruna Kelurahan Bendungan dapat lebih produktif dan aktif dalam melihat peluang pada masa pandemi covid-19 saat ini.