Tarik Minat Membaca Data, Mahasiswa UNDIP Visualisasikan Data Kependudukan

Kelurahan Sidanegara, Cilacap Tengah, Cilacap (08/08/2021) – Data kependudukan memegang peranan penting dalam perencanaan pembangunan termasuk dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat karena data kependudukan dapat memberikan informasi tentang keadaan penduduk serta kondisi daerah tempat tinggal penduduk. Tak kalah penting dari data penduduk, upaya pembaruan data juga menjadi hal yang perlu dilakukan guna menghasilkan data yang benar-benar mencerminkan keadaan penduduk. Hal tersebut lah yang sudah dilakukan oleh Kelurahan Sidanegara. Dimana kelurahan tersebut melakukan pembaruan data setiap satu bulan sekali. Namun, Agar mudah dipahami dan menarik untuk dilihat, publikasi data penduduk menjadi lebih efektif jika dilakukan visualisasi terlebih dahulu. Untuk merealisasikan hal tersebut, Nefa Andriani (21) Mahasiswa S1-Statistika dari Fakultas Sains dan Matematika yang menjadi salah satu peserta KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun akademik 2020/2021 berinisiatif untuk membantu pihak pemerintah Kelurahan Sidanegara dalam pengolahan data kependudukan. Berbekal data yang diperoleh dari pihak Kelurahan Sidanegara dan RW 14, mahasiswa KKN melakukan pengolahan data dengan bantuan Microsoft Excel yang kemudian hasilnya dituangkan dalam bentuk infografis.

Penyerahan Infografis Kependudukan Kelurahan Sidanegara Kepada Lurah Sidanegara

Dalam infografis tersebut memuat memuat beberapa informasi mengenai Kelurahan Sidanegara dan RW 14 yang mencakup jumlah penduduk, jumlah laki-laki dan perempuan, komposisi penduduk dan lainnya.

Penyerahan Infografis Kependudukan RW XIV Kelurahan Sidanegara kepada Perwakilan warga RW XIV

Hasil dari infografis juga diupload disosial media kelurahan (ig@kelsidneg) sehingga dapat diakses oleh masyarakat luas dengan mudah. Dengan adanya infografis tersebut diharapkan dapat memberi gambaran umum kelurahan Sidanegara dan RW XIV serta meningkatkan daya tarik masyarakat untuk membaca informasi kependudukan.

Penulis : Nefa Andriani (S1-Statistika)

DPL : Dr. Rr. Karlina Aprilia Kusumadewi, SE., M.Sc., Akt