Lakukan Edukasi di Tengah Pandemi Covid-19, Mahasiswa UNDIP Melakukan Hal-Hal ini

Peningkatan Kualitas SDM Pelajar di SMA Sains Cahaya Alquran, Pondok Pesantren Syafii Akrom, Pekalongan Selatan (Dokumen Pribadi)

Pekalongan, (07/08/2021) – Kenaikan kasus postif Covid-19 terus mengalami peningkatan seiring ditemukannya varian baru dari Covid-19 yaitu varian delta. Kenaikan yang cukup signifikan, Kota Pekalongan saat ini telah diklasifikasikan ke dalam zona merah dan rawan penyebaran virus Covid-19. Dalam menanggapi penyebaran Covid-19 ini, beberapa pihak telah berupaya untuk melakukan pencegahan dan penyebaran Covid-19 yang kian hari semakin meningkat. Bukan hanya dilakukan oleh pemerintah saja, masyarakat juga ikut serta dalam mendukung program pemerintah guna menekan penyebaran virus Covid-19. Adapun salah satunya adalah yang dilakukan oleh mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro di SMA Sains Cahaya Al-Quran, Pondok Pesantren Syafii Akrom, Kota Pekalongan.melakukan edukasi dan sosialisasi terkait menjaga kualitas siswa siswi.

Mahasiswa Tim KKN II Universitas Diponegoro dari Pekalongan Selatan membidik pelajar SMA Sains Cahaya Al-Quran untuk menjaga kualitas SDM dengan memberikan edukasi terkait Jenjang Perkuliahan, Sosialisasi 5M Protokol Covid-19, dan Edukasi Tentang Narkoba.

Poster edukasi Bahaya Narkoba (Dokumen Pribadi)
Poster edukasi 5M (Dokumen Pribadi)

Edukasi yang diberikan kepada siswa siswi SMA Sains Cahaya Al-Quran dilakukan dengan memberikan materi berupa poster-poster yang dikemas secara singkat, padat, dan jelas sebagai mana materi tersebut bisa dipelajari oleh siswa siswi sejalan kegiatan pembelajaran lainnya. Penggunaan poster ini dilakukan karena SMA Sains Cahaya Al-Quran berada di lingkungan Pondok Pesantren Syafi’i Akrom sehingga penggunaan poster ini dapat dirasakan oleh warga Pondok Pesantren Syafi’i Akrom juga.

Kegiatan sistem pembelajaran yang dilakukan oleh Tim KKN II Universitas Diponegoro ini selaras dengan protokol 5M yakni tetap Mencuci tangan, Memakai masker, Menjauhi kerumunan, Menjaga jarak, serta Mengurangi mobilitas. Dalam kegiatan pembelajaran ini tak lupa Tim KKN II Universitas Diponegoro melakukan ajakan untuk tetap memakai masker meskipun di dalam ruangan kelas dan memberikan beberapa hal seperti buku tulis, masker, dan handsanitizer secara gratis kepada pelajar di SMA Sains Cahaya Al-Quran dengan tujuan pembentukan karakter yang peduli akan protokol kesehatan.

Melalui edukasi secara langsung di lingkungan SMA Sains Cahaya Alquran, Pondok Pesantren Syafii Akrom, diharapkan dapat memberikan pengarahan sekaligus menumbuhkan kebiasaan baik bagi warga sekolah dan pondok pesantren dalam menjalani kegiatan di tengah pandemi Covid-19. Sehingga secara aktif warga sekolah dan pondok pesantren dapat menjaga kualitas SDM serta ikut dalam menekan jumlah positif Covid-19 dengan penerapan protokol kesehatan.

“Programnya yang diberikan kepada siswa siswi sangat bagus, mudah dipahami sehingga siswa siswi antusias untuk berpartisipasi dalam menghadapi pandemi Covid-19 dengan tetap mempertahankan kualitas SDM murid. Selain itu, Adapun edukasi megenai pandangan perkuliahan yang sangat membantu siswa siswi untuk menentukan pandangan mereka ke depannya” ucap Ibu Farro, Wakil Kepala Kurikulum SMA Sains Cahaya Alquran.

Adapun harapan dari edukasi yang diberikan ini, agar bisa menjaga kualitas pelajar khususnya SMA Sains Cahaya Al-Quran tetap menjadi baik meskipun kegiatan belajar mengajar dilakukan pada masa pandemi Covid-19.

Penulis : Aulia Triwardhana Noor Fathan Ramadhan (14040118120021/Ilmu Komunikasi – FISIP)
Dosen Pembimbing : Nissa Kusariana, SKM, M.Si
Lokasi KKN : Desa Banyurip Ageng RT 01 RW 05 Kota Pekalongan
Lokasi Target : SMA Sains Cahaya Alquran, Pondok Pesantren Syafii Akrom, Pekalongan Selatan