Tingkatkan Minat Vaksinasi COVID-19 dengan Poster yang Menarik

Pemasangan edukasi poster di RW 04 Desa Garung Lor

Garung Lor, Kudus (06/08) Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) TIM II Universitas Diponegoro berlangsung selama 44 hari yaitu sejak tanggal 30 Juni hingga 12 Agustus 2020. KKN yang mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi COVID-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)” ini dilakukan secara mandiri oleh masing-masing mahasiswa dengan menjalankan dua program utama terkait COVID-19 dan SDGs.

Dalam menjalankan program terkait pandemi COVID-19, Syahrul, salah satu mahasiswa KKN TIM II UNDIP Periode 2021 melaksanakan program kerja berupa edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya vaksinasi COVID-19. Melihat kondisi pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini, virus corona dengan varian delta lebih mudah menular ke berbagai macam kelompok usia sehingga edukasi kepada masyarakat khususnya bagi kelompok remaja dan dewasa merupakan hal yang penting sebagai upaya untuk mencegah dan menghindari keparahan gejala COVID-19.

Program edukasi ini dilakukan melalui media cetak berupa poster yang ditempelkan di tempat strategis di wilayah RW 04 Desa Garung Lor, Kudus. Edukasi yang terdapat di poster berisikan tentang manfaat dan risiko vaksin COVID-19 dengan menekankan manfaat lebih besar daripada risikonya. Penempelan poster sudah melalui izin dari Ketua RW 04 dan satpam yang ada di lingkungan sekitar. Poster dituliskan dengan huruf warna-warni dan disertai dengan gambar sehingga dapat menarik minat warga untuk membacanya.

Tujuan dari program ini yaitu meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya vaksinasi COVID-19. Tentunya pelaksanaan program edukasi ini dijalankan dengan tetap mengindahkan protokol kesehatan yang berlaku pada masa pandemi COVID-19. Pihak RW 04 dari bapak ketua RW sampai masyarakat mendukung pelaksanaan program ini, dan memberikan respon yang baik pada kegiatan edukasi yang diberikan. Dengan adanya edukasi ini diharapkan meningkatka minat vaksinasi COVID-19 masyarakat.

Oleh : Syahrul Faizal

DPL : Bapak Mahendra Pudji Utama, S.S, M.Hum