Persaingan Ekonomi Semakin Ketat!! Mahasiswa KKN Undip Ajak Masyarakat Berinovasi Membuat Produk “Ikan Asap Cair” dengan Video Tutorial

Semarang (07/08/2021). -Penyebaran covid-19 di negara Indonesia belum juga mereda. Alih-alih mereda, penyebaran kasus positif covid-19 malah semakin meningkat. Hal ini menjadikan pemerintah harus mengambil tindakan konkret, yaitu Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Kebijakan yang diambil pemerintah adalah kebijakan yang tepat, akan tetapi melihat sektor pereknomian di masyarakat sayangnya mengalami penurunan yang cukup signifikan, sehingga menjadikan masyarakat di Indonesia harus mampu extra survive, khususnya para pelaku usaha.

Percepatan teknologi yang begitu cepat dan persaingan yang semakin ketat, para perlaku usaha diharuskan mampu berinovasi dan berkreasi dengan sangat baik, guna menjadikan produk yang terbaik dan menarik. Persaingan yang penuh tantangan dengan kemenangan akan menghasilkan pendapatan pasti, sehingga perekonomian di Indonesia menjadi kunci bagi penguatan daya saing perekonomian di Indonesia,

“Bapak Presiden joko Widodo telah menginstruksikan perlu adanya lompatan jauh untuk mendahului kemajuan bangsa lain menuju visi Indonesia Maju”. Mewujukan instruksi Bapak Presiden Joko Widodo, mahasiswa KKN Undip ajak masyarakat, khususnya masyarakat Kelurahan Wates, RW 01 untuk lebih semangat dan lebih adaptif dalam berindovasi pada pembuatan produk, khususnya produk pangan fungsional. Salah satu program kerja yang dilaksanakan yaitu pemahaman dengan contoh pembuatan produk pangan “divesifikasi hasil perikanan” secara modern dengan menggunkan teknologi terbarukan melalui video tutorial. Pembuatan video tersebut merupakan salah satu bentuk dalam membangkitkan jiwa kreatifitas masyarakat untuk  mampu survive dimasa pandemi covid-19.

Pentingnya perekonomian di masyarakat, mahasiswa KKN Undip sangat berharap bahwa program yang dilakukan dapat memberikan solusi pasti kepada masyarakat, khususnya kelurahan Wates RW 01. Selain itu, dengan mengenalkan produk divesifikasi perikanan dapat menumbuhkan minat masyarakat akan kegemaran makan ikan. Hal ini karena hasil olahan sektor perikanan memiliki banyak sekali manfaat, dimana kandungan yang terdapat pada olahan hasil perikanan mampu menjadikan saraf-saraf tubuh manusia bekerja dengan sangat baik, serta meningkatkan sistem imunitas tubuh dimasa pandemic covid-19.

Oleh: Mustofa Kamil (26060118140096/Teknologi Hasil Perikanan)

Dosen Pembimbing: Dr. Fuad Muhammad S.Si., M.Si.