Tingkatkan Brand Image UMKM, Mahasiswa KKN Undip Memberikan Bantuan Desain Logo dan Kemasan Kepada UMKM di Kelurahan Srondol Wetan Semarang.
Srondol Wetan, (08/08/21) – Semenjak adanya pandemi COVID-19 ini, perekonomian masyarakat Indonesia semakin menurun. Hal ini berdampak kepada para pelaku UMKM di Kelurahan Srondol Wetan yang sasarannya masih sebatas penduduk lokal saja dimana penjualan para pelaku UMKM semakin menurun. Salah satu cara untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan penjualan adalah dengan meningkatkan pemasaran yang dilakukannya. Pemasaran yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan brand image atau citra merek suatu UMKM.
Citra Merek (brand image) adalah persepsi merek yang dihubungkan dengan asosiasi merek yang melekat dalam ingatan konsumen. Beberapa alat pemasaran yang dapat digunakan untuk menciptakan brand image adalah kemasan dan logo. Dengan memiliki brand image yang kuat, UMKM dapat menarik perhatian konsumen.
Beberapa UMKM di Srondol Wetan saat ini masih belum maksimal dalam membuat logo dan kemasan dikarenakan beberapa hal seperti tidak paham menggunakan aplikasi desain, akses yang terbatas dikarenakan beberapa aplikasi harus bayar, tidak memiliki perangkat yang mendukung, dan lainnya. Oleh karena itu, tujuan dari program ini adalah membantu UMKM merancang logo dan kemasan untuk memudahkan UMKM dalam meningkatkan citra merek UMKM sehingga dapat lebih menarik konsumen dan diharapkan dapat meningkatkan penjualan.Program ini dilaksanakan dari tanggal 5 – 6 Agustus 2021 dimana mahasiswa mengirimkan desain logo dan kemasan dalam bentuk soft file dan hard file kepada pelaku UMKM di RT 01 / RW 09 Srondol Wetan. Dengan adanya desain logo dan kemasan yang menarik, para pelaku UMKM dapat meningkatkan brand image UMKMnya dan dapat menarik perhatian masyarakat sehingga diharapkan dapat meningkatkan penjualan ke depannya.
Penulis : Gabriella Audrey – S1 Administrasi Bisnis – FISIP
Dosen : Dr. Harjum Muharam S.E., M.E