Ajak Masyarakat Jaga Diri di Tengah pandemi, Mahasiswa KKN UNDIP Perkenalkan Cara Membuat Hand Sanitizer dari Daun Sirih

Semarang (08/08/2021) COVID-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 yang merupakan bagian dari tipe Virus Corona. Virus ini dapat menular apabila kita melakukan kontak langsung dengan orang yang terinfeksi atau dengan cairan yang dikeluarkannya saat batuk maupun bersin. Virus dapat berpindah ke tubuh kita, bila tanpa sengaja kita menyentuh benda-benda tersebut lalu menyentuh wajah (mata, mulut, hidung) dengan tangan yang telah terkontaminasi.

Menjaga kebersihan adalah hal wajib yang harus selalu dilakukan oleh siapapun dan kapanpun. Salah satunya yang terpenting adalah menjaga kebersihan tangan, pasalnya tangan adalah bagian tubuh yang sangat rentan dan dapat dengan mudah menjadi tempat bersarangnya virus, dan bakteri.  Tangan sebagai salah satu organ tubuh yang sering kali berinteraksi, menyentuh dan dapat menjadi media penyebaran kuman, virus serta bakteri yang berbahaya.  Misalnya aktivitas saat membuka pintu, memegang tangga, memencet tombol lift, keyboard komputer dan berjabat tangan. Lalu tanpa disadari, setelahnya kita makan, mengusap mata, menyentuh hidung atau mulut kita sendiri, pada saat itulah kuman atau virus dapat masuk ke tubuh kita.

Untuk mencegah hal tersebut, maka kita harus tetap menjaga kebersihan, salah satunya yaitu dengan mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer. Maraknya kasus positif covid-19 membuat masyarakat memahami pentingnya penggunaan hand sanitizer yang telah menjadi kebutuhan primer saat ini. Biaya yang dikeluarkan pun terbilang tidak cukup murah. Untuk mengatasi pengeluaran yang berlebih untuk membeli hand sanitizer, mahasiswa KKN Undip ini membuat hand sanitizer berbahan dasar daun sirih. Daun sirih yang dapat ditemukan di lingkungan sekitar dapat memangkas biaya pengeluaran untuk membeli hand sanitizer.

Daun sirih memiliki kandungan senyawa flavonoid, polifenol, serta minyak atsiri yang dapat digunakan sebagai antiseptic dan antioksidan. Pembuatan hand sanitizer berbahan dasar daun sirih ini terbilang cukup mudah. Bahan yang digunakan juga murah dan gampang untuk dicari. Berikut video tutorial pembuatan hand sanitizer daun sirih :

Hand sanitizer dibagikan ke RT 05 RW 03 Kelurahan Jangli. Demonstrasi pembuatan hand sanitizer dibuat dalam bentuk video tutorial dan disebarkan melalui grup whatsapp RT 05. Demonstrasi dilakukan secara tidak langsung karena untuk mematuhi kebijakan PPKM darurat yang sedang berlangsung.

Pembagian Hand Sanitizer daun sirih kepada Ketua RT 05
Pembagian Hand Sanitizer daun sirih kepada Ketua RW 05
Pembagian Hand Sanitizer daun sirih kepada Warga
Pembagian Hand Sanitizer daun sirih kepada Warga

Program ini diharapkan bermanfaat bagi warga. Selain itu warga dapat memanfaatkan ketersediaan alam dengan biaya yang terbatas. Semoga dengan terlaksananya program ini, masyarakat juga bisa meningkatkan protocol Kesehatan dan bisa menjaga diri masing-masing dari virus corona.

Oleh: Dicky Setyawan (24020118120044)

Dosen Pembimbing Lapangan: Dra. Puji Astuti, M.Si