Wow, Sudah Waktunya!!! Bangkitkan Kembali Ekonomi UMKM dengan Digitalisasi

Tinjomoyo. Semarang (04/07) Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung sejak tahun 2020 membawa dampak bagi berbagai bidang, khususnya bidang ekonomi. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau yang dikenal dengan UMKM. UMKM merupakan jenis bisnis yang dijalankan secara individu, rumah tangga, atau badan usaha ukuran kecil.  Pada masa pandemi Covid-19, sektor UMKM mengalami beberapa kendala mulai dari menurunnya hasil penjualan, pembeli yang berkurang, dan lain sebagainya. Bahkan ada yang terpaksa tutup karena tidak mampu bertahan dan mendapatkan kerugian yang tinggi karena jualan yang tidak laku.

Sehingga salah satu cara agar UMKM bangkit kembali adalah dengan memiliki strategi marketing yang baik. Salah satunya dengan menerapkan strategi marketing mix 4P. Strategi marketing dapat dilakukan dengan mengubah orientasi pemasaran menjadi bentuk digital. Digitalisasi UMKM merupakan suatu upaya untuk mendigitalkan pemasaran produk-produk UMKM oleh pelaku UMKM. Secara mudahnya, di zaman dengan teknologi yang semakin canggih telah memudahkan para pelaku usaha dalam memasarkan dan menjual produk-produknya secara online. Pelaku usaha dapat memasarkan produknya di media-media sosial bahkan dengan memberikan informasi titik lokasi pada maps yang tersedia di media sosial, sehingga memudahkan customer untuk datang langsung ke lokasi. Sebagian pelaku usaha juga sudah tidak memerlukan lagi lapak dagangan, karena perubahan cara penjualan melalui media sosial dan e-commerce sebagai ruang baru.

Modul Strategi Marketing 4P

Namun dalam kenyataannya, hal ini tidak didukung dengan kemampuan pelaku UMKM dalam memanfaatkan teknologi tersebut, Hasil survey yang dilakukan di wilayah RW 08 Kelurahan Tinjomoyo, dimana belum ada pelaku usaha yang belum melakukan digitalisasi karena mereka belum paham membuat akun bisnis dan menggunakan sosial media. Oleh karena itu, Elda Maware sebagai salah satu Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro melakukan edukasi kepada pelaku UMKM dan warga RW 08 yang terdapat pada Kelurahan Tinjomoyo, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang. Edukasi dilakukan membagikan booklet digital melalui Whatsapp Group dan bertujuan agar UMKM di RT 02, RW 08 Kelurahan Tinjomoyo memahami mengenai strategi marketing 4P dan dapat menerapkannya pada UMKM-nya masing-masing.

Publikasi Modul Strategi Marketing 4P

Di era industri 4.0 yang serba digital seperti saat ini merupakan suatu peluang yang sangat besar bagi pelaku usaha. Media sosial dapat menjadi wadah promosi dan penjualan untuk para pelaku usaha. Dengan adanya sosialisasi pentingnya peran media sosial untuk bisnis digital ini, diharapkan dapat membantu UMKM, khususnya di RT 02, RW 08 Kelurahan Tinjomoyo, Kecamatan Banyumanik, Semarang, meningkatkan kembali produktivitas penjualannya.

AYO MEWUJUDKAN UMKM DIGITAL, UMKM GO INTERNATIONAL!

EKONOMI BANGKIT!

E-booklet dapat didownload melalui link berikut:

bit.ly/ModulStrategiMarketing

Penulis : Elda Maware Ngolutua – Teknik Industri, UNDIP 2018

Lokasi : Kelurahan Tinjomoyo, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah

DPL     : Rosa Amalia, S.Pi, M.Si.