Mahasiswa Ajak Masyarakat untuk Kelola Keuangan di Era Pandemi melalui aplikasi Bukukas sebagai Bentuk Pemanfaatan Teknologi via Whatsapp

Semarang, (08/08/2021) – Pengelolaan keuangan yang baik merupakan hal yang fundamental tanpa memandang peruntukannya baik untuk bisnis ataupun untuk konsumsi dalam kebutuhan sehari-hari. Tak bisa dipungkiri uang merupakan sumber daya paling krusial untuk survive di dalam kehidupan yang dijalani Masyarakat.

      Pada dasarnya, pengelolaan keuangan yang baik dapat dilakukan dengan mudah. Masyarakat hanya perlu rajin mencatat setiap transaksi keuangan yang dilakukan, termasuk diantaranya penjualan, pembelanjaan, utang , pembayaran berbagai layanan yang dinikmati, dan sebagainya. Tetapi, apa yang terkesan mudah, belum tentu mampu dijalankan oleh setiap orang. Kendala tersebut dapat terjadi karena malas mencatat di buku, merasa repot dengan hitung-hitungan manual, kalkulator ketinggalan, catatan mudah terselip, dan sebagainya.

      Sekarang, semua kendala tersebut bisa teratasi dengan aplikasi BukuKas yang membantu Masyarakat  dan memantau keuangan bisnis mereka melalui smartphone. Masyarakat yang tidak paham soal pembukuan pun akan dapat mengelola keuangan usaha mereka dengan bantuan berbagai fitur yang tersedia dalam aplikasi BukuKas, sehingga mereka memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mampu memajukan usaha mereka.

Oleh sebab itu, Ananda Willies Pratama selaku mahasiswa Prodi S1 Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro dengan Dosen Pembimbing Lapangan Mas’ut S.Ag,M.Ag,MH yang sedang melakukan program KKN memiliki program kerja yang bertujuan untuk membantu Masyarakat bisa mengatur keuangannya secara praktis melalui pemanfaatan teknologi dengan aplikasi BukuKas. Harapannya, melalui program kerja ini dapat membantu Masyarakat sekitar dalam mengatur keuangannya dan menghindari pemborosan di era Pandemi seperti sekarang ini.

Sosialisasi ini dilakukan dengan menggunakan media Whatsapp  perantara dan dibantu Bapak Daesan selaku ketua RT 01 Kramas untuk disalurkan ke grup warga RT 01 Kramas. Penggunaan media Whatsapp dilakukan mengingat adanya pembatasan aktivitas sosial di Kelurahan Kramas. Sosialisasi ini juga didukung dengan bantuan Digital poster yang simpel dan informatif. Berikut merupakan dokumentasi dari program kerja ini.

Sosialisasi tersebut dilakukan dalam 1 (satu) hari, yaitu pada tanggal 08 Agustus 2021. Namun, karena penggunaan diharapkan Masyarakat lebih melek terhadap pemanfaatan media digital serta dapat segera beralih dari pembukuan konvensional menuju pembukuan berbasis aplikasi. Sehingga Pengelolaan keuangan menjadi lebih mudah dan menyadari bahwa Cash is King adalah benar adanya untuk era sekarang.