Akali Lahan Sempit, Mahasiswa KKN Perkenalkan Budidaya Aquaponik

Pembuatan budidaya ikan lele dan kangkung

Pekalongan, 5 Agustus 2021 – Mar’ah Nida (21), mahasiswa jurusan oseanografi melaksanakan program KKN mandiri yang kedua, yaitu membuat pelatihan budidaya aquaponik ikan lele dan kangkung di rumah. Pelatihan tersebut “terpaksa” dialihkan ke video tutorial yang ia unggah melalui channel Youtube-nya. Pasalnya, pandemi yang kian mengganas akhir-akhir ini di desa Podo membatasi kegiatan komunitas PKK dan Karang Taruna yang menjadi sasaran utama program ini.

Budidaya aquaponik merupakan salah satu jenis budidaya yang “hemat” lahan. Hal ini yang me-latar belakangi munculnya ide untuk memperkenalkan jenis budidaya ini ke warga desa Podo. Lahan yang cenderung tidak luas dan padat penduduk di desa Podo menjadi pokok permasalahan dalam membangun budidaya. Namun, dengan potensi para pemuda produktif yang ada, tentu sangat disayangkan apabila tidak ada ide kreatif yang menginspirasi dan membangkitkan jiwa produktif dan bisnis mereka. Oleh karena itu, program pelatihan budidaya ini diharapkan dapat menjadi solusi untuk meninkatkan produktifitas bagi masyarakat desa Podo di masa pandemi ini.

Selain “hemat” lahan, budidaya ikan lele dan kangkung sangat mudah dilakukan oleh para pemula. Perawatan yang simpel dan biaya yang terjangkau tentu sangat sesuai dengan pelaku budidaya yang masih awam tentang hal ini. Para pemuda desa Podo khususnya, dan para pemula lainnya dapat memulai budidaya dengan cara paling sederhana. Hasil dari budidaya sederhana ini dapat dikonsumsi secara pribadi, sehingga dapat mendukung tersedianya pangan yang bergizi bagi keluarga di masa pandemi ini. Sedangkan di sisi lain, budidaya aquaponik dapat dikembangkan lebih jauh untuk dibuat menjadi bisnis yang menguntungkan.

“Hal besar dimulai dengan hal sederhana”

*Video Youtube tutorial dapat diakses melalui link berikut : https://youtu.be/E5J4iavfgz0

Oleh : Mar’ah Nida Kholawati – Oseanografi

Dosen Pembimbing Lapangan : Nissa Kusariana, S.K.M., M.Si

#KKNPulangKampung #KKNPekalongan2021