Asyiknya Menanam Tanaman Obat Penuh Manfaat! Mahasiswa KKN Undip Berikan Edukasi Pentingnya Budidaya Toga untuk Hidup yang Lebih Sehat

Program budidaya TOGA (tanaman obat keluarga) bertujuan menunjang upaya peningkatan kesehatan oleh masyarakat secara optimal. Tanaman obat keluarga adalah tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat. Di masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini sangat penting untuk kita menjaga imunitas daya tahan tubuh agar kekebalan daya tahan tubuh kita meningkat sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit. Khususnya di masa pandemi covid-19, empon – empon atau tanaman obat keluarga memiliki banyak manfaat salah satunya yaitu dapat menjadi penjaga dan meningkatkan imunitas daya tahan tubuh. Menjaga dan meningkatkan imunitas daya tahan tubuh di masa pandemi covid-19 ini merupakan hal yang sangat penting dilakukan untuk mencegah infeksi virus corona.

Poster Edukasi Manfaat Toga (Tanaman Obat Keluarga) sebagai Penjaga Imunitas Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi Covid-19

Mahasiswa KKN TIM II UNDIP di Kelurahan Bulusan, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang memberikan edukasi mengenai pentingnya budidaya toga sebagai penjaga imunitas daya tahan tubuh di tengah masa pandemi covid-19 pada masyarakat Kelurahan Bulusan. Meski dalam masa PPKM, kegiatan tersebut tetap berjalan dengan baik sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku. Kegiatan edukasi dilaksanakan dengan cara menanam empat jenis tanaman obat keluarga di Kantor Kelurahan Bulusan dan memberikan serta memasangkan poster edukasi mengenai tanaman obat keluarga yang bermanfaat bagi kesehatan di Kelurahan Bulusan. Kegiatan edukasi dilakukan dengan tetap menggunakan masker dan tidak mengumpulkan banyak orang sehingga tidak memicu kerumunan.

Pemasangan dan Pemberian Poster Edukasi Mengenai Manfaat pentingnya Budidaya Toga (Tanaman Obat Keluarga) di Kelurahan Bulusan

Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan pada hari selasa, tanggal 3 agustus 2021 di Kelurahan Bulusan, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Kegiatan yang dilakukan yaitu menanam empat jenis tanaman obat keluarga di Kantor Kelurahan Bulusan, memberikan papan nama tanaman sebagai informasi, dan pemberian poster mengenai edukasi pentingnya budidaya toga (tanaman obat keluarga) untuk mejaga dan meningkatkan imunitas daya tahan tubuh. Empat jenis tanaman obat keluarga yang ditanam yaitu tanaman jahe, kunyit, serai dan kencur. Empon – empon atau tanaman obat keluarga tersebut memiliki keistimewaan masing – masing yang kaya manfaat bagi kesehatan.

Papan Nama Empat Jenis Tanaman Obat Keluarga sebagai Informasi Tanaman yang ditanam

Sasaran dari kegiatan ini sebagian besar yaitu ibu – ibu rumah tangga serta masyarakat Kelurahan Bulusan. Budidaya TOGA (tanaman obat keluarga) merupakan langkah yang sangat baik untuk peningkatan kesehatan oleh masyarakan secara optimal di tengah masa pandemi covid -19.

Kegiatan Menanam TOGA (Tanaman Obat Keluarga) di Halaman Kantor Kelurahan Bulusan, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang

Dengan terlaksananya kegiatan edukasi pentingnya budidaya toga tersebut diharapakan dapat memberikan pengetahuan mengenai banyaknya manfaat dari tanaman toga bagi kesehatan tubuh khususnya di tengah masa pandemi covid-19 yang sangat membantu untuk menjaga dan meningkatkan imunitas daya tahan tubuh.

Oleh: Marieshafa Salsabila Putri (Biologi, Fakultas Sains dan Matematika UNDIP)

DPL: Dra. Puji Astuti, M.Si