SEDANG MUSIM VAKSIN, MAHASISWA KKN UNDIP SOSIALISASIKAN SYARAT-SYARAT VAKSIN YANG HARUS DIKETAHUI !

Cililin, Kabupaten Bandung Barat (26/07) – Mahasiswa KKN UNDIP melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai syarat-syarat penting yang harus diketahui sebelum melakukan vaksinasi.

sumber : Kementerian Kesehatan REpublik Indonesia

Ditengah sibuknya pemerintah melaksanakan program vaksinasi covid-19 untuk mengurangi peningkatan penularan dan kasus meninggal akibat covid-19, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui syarat-syarat yang harus diketahui agar dapat melakukan vaksinasi. Mengetahui akan segera dilakukannya vaksinasi massal di Kecamatan Cililin mahasiswa Universitas Diponegoro Fathiyya Nurul Izzati (21) melakukan sosialisasi terhadap warga Rt/Rw 01/08 apa saja syarat yang harus dipenuhi sebelum melakukan vaksinasi.

Sosialisasi dilakukan secara online melalui aplikasi social media yang banyak digunakan yaitu whatsapp. Informasi disuguhkan dengan menggunakan infografis agar lebih menarik dan berisi informasi lengkap mengenai syarat-syarat vaksinasi yang bersumber dari Kementrian Kesehatan Republik Indondesia. Infografis yang dibagikan mengundang antusias warga untuk bertanya lebih detail seperti yang ditanyakan Ibu Rika mengenai apakah jenis vaksin yang digunakan untuk anak diwah 18 tahun berbeda dan lainnya. Dimana vaksin untuk anak dibawah 18 tahun masih menggunakan jenis vaksin yang sama yaitu Sinovac. Terdapat juga diskusi mengenai beberapa perubahan syarat seperti mantan penderita covid yang diperbolehkan melakukan vaksinasi setelah 3 bulan dinyatakan sembuh dari covid-19.

Dengan dilakukan sosialisasi ini diharapkan mayarakat yang akan segera di vaksin dapat mengetahui syarat-syarat vaksisinasi dengan baik agar dapat bersiap-siap dan menyebarkannya informasi tersebut agar lebih banyak masyarakat yang mengetahui.

Penulis: Fathiyya Nurul Izzati

Dosen Pembimbing Lapangan: Solikhin, S.Si., M.Sc.